Modal Asing Masuk Masih Seret Meski Imbal Hasil Surat Utang RI Menarik

Agatha Olivia Victoria
26 Juni 2020, 07:53
aliran modal asing, surat utang , bank indonesia, pandemi corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Ilustrasi. BI mencatat, aliran modal asing yang masuk lewat pasar surat berharga negara Rp 1,06 triliun sepekan kemarin

Aliran modal asing yang masuk hingga saat ini dinilai masih seret meski imbal hasil atau yield  surat utang  Indonesia sangat menarik jika dibandingkan negara-negara lainnya, termasuk Amerika Serikat.

Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat mengatakan rendahnya yield di berbagai negara seharusnya bisa menjadi peluang masuknya modal asing ke Tanah Air. "Namun menurut saya asing itu belum begitu banyak masuk," ujar Budi dalam Bicara Data Virtual Series "Perlukah 'Helicopter Money' saat krisis Covid-19?", Kamis (25/6).

BI mencatat, aliran modal asing yang masuk lewat pasar surat berharga negara Rp 1,06 triliun sepekan kemarin. Namun, terdapat aliran modal asing keluar Rp 2,15 triliun dari pasar saham pada saat yang bersamaan. Dengan demikian, masih tercatat nett outflow Rp 142,16 triliun di pasar keuangan domestik sepanjang tahun ini.

Bank sentral juga mencatat yield SBN 10 tahun RI naik dari 7,13% menjadi 7,15% pada akhir pekan kemarin. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari yield US Treasury Note 10 tahun yang ada di level 0,708%.

(Baca: IMF Pangkas Ramalan Ekonomi RI jadi Minus, BI Optimistis Masih Positif)

Budi menilai tren aliran modal asing yang keluar cukup deras memang sudah kerap terjadi di Indonesia sejak 4 tahun terakhir, bersamaan dengan kerap mengalir derasnya dana-dana tersebut. Maka dari itu, dirinya tak begitu khawatir dengan aliran modal asing yang keluar masuk RI. Apalagi, ketidakpastian yang melanda ekonomi dunia akibat virus corona saat ini masih berlangsung.

"Tapi kami lihat sepekan ini ada beberapa investor asing sudah call untuk buying di Indonesia," kata dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...