Kasus Corona RI Bertambah 1.293 Orang, Terbanyak dari Jatim-Jakarta

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ameidyo Daud Nasution

30/6/2020, 16.29 WIB

Total kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini mencapai 56.385 orang.

virus corona, jakarta, jawa timur
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.
tes swab Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (9/6/2020). Pemerintah mengumumkan adanya tambahan 1.293 orang yang terinfeksi virus corona pada Selasa (30/6).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pemerintah mengumumkan adanya tambahan 1.293 orang yang terinfeksi virus corona pada Selasa (30/6). Dengan demikian total kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini mencapai 56.385 orang.

Tambahan pasien terbanyak hari ini berasal dari Provinsi Jawa Timur yakni 331 orang. Di bawahnya ada DKI Jakarta dengan 193 kasus baru. Selain itu, pemerintah melaporkan ada tambahan 153 positif corona di Jawa Tengah.

Sedangkan di Kalimantan Selatan, terdapat tambahan 106 positif corona. "Sulawesi Selatan melaporkan 89 kasus baru dan 69 sembuh," kata juru bicara nasional penanganan corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (30/6).

(Baca: Kawal Covid-19: Jalur Pantura Semarang-Surabaya Rawan Penularan Corona)

Jumlah kasus positif corona ini didapatkan dari pemeriksaan terhadap 21.515 spesimen, baik melalui metode polymerase chain reaction (PCR) maupun tes cepat molekuler (TCM) pada hari ini. "Total yang telah diperiksa menjadi 803.898,” kata Yurianto.

Selain itu ada 1.006 orang yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona pada hari ini. Sedangkan total kasus pulih dari Covid-19 mencapai 24.806 orang.

Kemudian ada tambahan 71 orang yang dinyatakan meninggal dunia usai terinfeksi corona. Alhasil total kasus kematian akibat Covid-19 mencapai 2.876 orang. "Sudah 449 kabupaten/kota yang terdampak di 34 provinsi," kata Yurianto.



Yurianto mengatakan saat ini ada 43.797 orang yang masuk kategori dalam pemantauan (ODP). Selain itu ada pula 13.182 orang yang dikategorikan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

Dia lantas meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran corona. Beberapa caranya antara lain dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Aktivitas harus selektif untuk hal-hal produktif. Oleh karena diharapkan kita bijak menentukan aktivitas di luar rumah dan gunakan masker," kata dia.

(Baca: PSBB Tak Efektif, Jokowi Ingin Karantina Desa untuk Kendalikan Corona)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan