Kuliah Daring Jadi Normal Baru, Ada Empat Pesan Jokowi ke Forum Rektor

Cindy Mutia Annur
4 Juli 2020, 13:10
Jokowi, pendidikan, kuliah daring, kuliah online, new normal, dampak corona sektor pendidikan
Katadata
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi corona telah membuat perubahan dalam dunia pendidikan. Menurutnya, kuliah daring telah menjadi normal baru (new normal) bahkan normal selanjutnya (next normal) bagi para mahasiswa dan universitas.

Jokowi pun memberikan empat pesan kepada para rektor perguruan tinggi di seluruh Indonesia melalui Forum Rektor Indonesia (FRI)  terkait adanya normalitas baru yang lebih inovatif dan produktif.

Pertama, Jokowi mengimbau agar FRI tak hanya sekedar menjadi forum komunikasi melainkan juga sebagai forum saling peduli dan berbagi antaruniversitas di Tanah Air.

"Yaitu (menjadi forum) yang saling membantu, berbagi pengalaman, kurikulum dan silabus, koleksi perpustakaan, serta dosen dan perkuliahan secara daring untuk bersama memajukan seluruh mahasiswa di Indonesia," ujar Jokowi dalam video conference peresmian pembukaan Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) Virtual Tahun 2020, Sabtu (4/7).

(Baca: Mendikbud Ungkap Kriteria SDM yang Dibutuhkan Dunia Kerja)

Kedua, Jokowi mengajak para rektor dan FRI memfasilitasi mahasiswa agar bisa belajar kepada siapa pun, baik ke pelaku industri, wirausahawan, praktisi pemerintahan, hukum, dan pelaku kerja lapangan lainnya. Tujuannya, Jokowi agar mahasiswa bisa menangkap perubahan dunia dinamis yang dipicu oleh disrupsi dan hiperkompetisi yang terjadi saat ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...