Mendikbud Ungkap Kriteria SDM yang Dibutuhkan Dunia Kerja Masa Depan

Image title
3 Juli 2020, 16:11
Mendikbud Ungkap Kriteria Sarjana yang Dibutuhkan Dunia Kerja ke Depan.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim di DPR. Nadiem mengungkapkan kriteria sarjana dan SDM Indonesia yang ideal dalam menghadapi tantangan serta tuntutan dunia kerja.

Pemerintah tengah mempersiapkan peningkatan pendidikan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia agar mampu menghadapi tantangan dan perubahan dunia kerja yang begitu cepat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim memaparkan enam profil lulusan sarjana ataupun pelajar ideal untuk menghadapi tantangan tersebut. 

Nadiem mengatakan, pemerintah akan mendorong lulusan berkualitas dengan mengacu pada peta jalan pendidikan yang telah dibuat melalui profil Pelajar Pancasila. Pertama yakni membentuk lulusan yang berintegritas, spiritualitas, moral serta akhlak yang baik. 

Kedua adalah terkait prinsip kebhinekaan atau saling toleransi terhadap diversitas (perbedaan).

(Baca: Nadiem Sebut Kompetensi Sarjana di Dunia Kerja Masih Minim)

"Ketiga yaitu kemandirian, apakah dia orang yang bisa belajar seumur hidup, atau harus didorong terus untuk mengambil inisiatif secara mandiri, " kata dia dalam diskusi daring bertajuk 'Tantangan Mewujudkan Kampus Merdeka' di Jakarta, Jumat (3/7).

Tak hanya itu, untuk menghadapi era digitalisasi ekonomi engan perubahan yang cepat, lulusan sarjana harus memiliki kemampuan bekerja secara tim dan gotong royong. Kemampuan komunikasi publik pun harus dimiliki setiap pelajar dan lulusan sarjana yang akan masuk dalam dunia kerja.

Berikutnya adalah sifat kritis atau mampu menerjemahkan maksud lawan bicaranya dengan tepat. Hal ini masih sulit didapatkan oleh para lulusan baru.

"Itu yang terpenting apakah dia bisa memecahkan masalah seberapa kuantitaftif pemikiran dia, seberapa terstruktur sehingga dia bisa melihat masalah secara kritis," ujar pendiri startup Gojek ini. 

Nadiem menjelaskan, kemampuan terakhir yang harus dimiliki adalah kreativitas yang baik. Misalnya kemampuan beradaptasi, bereaksi terhadap masalah atau berinovasi untuk membuka jalan baru dalam bidang pekerjaannya serta kemampuan improvisasi dalam memecahkan masalah yang tengah dihadapi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...