IHSG Sesi I Naik 0,43% Terdongkrak Optimisme Pemulihan Ekonomi Asia

Image title
6 Juli 2020, 13:17
ihsg sesi i, ihsg hari ini, bursa saham asia, pemulihan ekonomi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
IHSG sesi I Senin (6/7) naik 0,43% ke level 4.995,24 sejalan dengan laju bursa saham Asia yang ditopang optimisme pemulihan ekonomi.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG naik 0,43% ke level 4.995,24 pada perdagangan sesi pertama Senin (6/7). Naiknya indeks dalam negeri sejalan dengan bursa-bursa di kawasan Asia pada perdagangan hari ini.

Tercatat Nikkei 225 di Jepang dan Straits Times di Singapura, sejauh ini naik masing-masing 1,84% dan 1,03%. Begitu juga dengan Hang Seng di Hong Kong dan Shanghai Composite di Tiongkok yang masing-masing meroket hingga 3,55% dan 4,62%.

Penguatan bursa saham Asia ditopang optimisme investor terhadap data ekonomi Tiongkok dalam menopang pertumbuhan ekonomi dunia di tengah lonjakan kasus virus corona baru di Amerika Serikat (AS) yang berpotensi menghambat pembukaan kembali perekonomian.

"Investor mengalokasikan dananya lebih besar pada portofolio ekuitas di Asia. Kami melihat beberapa katalis yang dapat mendorong kinerja ekuitas di Asia, tak termasuk Jepang, lebih baik dari ekuitas di AS dalam jangka pendek,” kata tim analis Nomura, seperti dikutip Reuters.

(Baca: Lonjakan Kasus Corona Bayangi Laju IHSG, Ini Saham Pilihan Analis)

Mereka menambahkan bahwa Asia memiliki perkembangan Covid-19 yang lebih baik dibandingkan AS, termasuk data ekonomi, yang mengindikasikan pemulihan ekonomi Asia akan lebih cepat dibandingkan AS.

Adapun volume perdagangan sesi satu tercatat sebanyak 4,21 miliar unit saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 3,02 triliun. Kenaikan indeks, sejalan dengan 204 saham yang ditutup lebih tinggi, 163 saham turun, dan 165 saham lainnya tak bergerak.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...