Tokopedia Catat Pesanan Melonjak 2,5 Kali Lipat Lewat TokoCabang

Cindy Mutia Annur
8 Juli 2020, 11:08
Tokopedia, tokocabang, pandemi corona, penjualan online
dok. Tokopedia
Ilustrasi. Tokopedia memiliki 8,3 juta pelanggan hingga Mei 2020.

Tokopedia mencatat lonjakan pesanan barang saat pandemi corona lewat TokoCabang hingga 2,5 kali lipat pada kuartal kedua tahun ini dbanding periode yang sama tahun lalu. Perusahaan pun menargetkan untuk menambah fasilitas gudang tersebut di dua kota pada bulan ini. 

Head of Fulfillment Tokopedia Erwin Dwi Saputra mengatakan, mitra penjual dapat menitipkan stok barang dagang di TokoCabang pada wilayah dengan jumlah permintaan tinggi melalui fasilitas logistik ini. Sejak diluncurkan pada 2019, fasilitas gudang ini telah tersedia di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

"Awal tahun 2020, kami ada penambahan TokoCabang di Makassar dan segera hadir di Medan dan Palembang pada Juli ini,” ujar Erwin dikutip dari siaran pers, Selasa (7/7).  

(Baca: Tokopedia, Bukalapak, Shopee Blokir Akun Penjual Buku Rekening Bank)

Ia menjelaskan, penjual yang memanfaatkan TokoCabang tidak perlu lagi mempertimbangkan isu operasional mulai dari menerima pesanan, mengemas, hingga mengantarnya ke kurir. Selain itu, pihaknya juga telah menghadirkan fitur pembaruan dasbor sehingga dapat mempermudah mitra penjual dalam hal pengelolaan stok produk.

"Saat ini, penjual bisa memanfaatkan layanan TokoCabang secara gratis selama 30 hari. Cukup membayar biaya jasa layanan Rp3.000 untuk setiap barang yang terjual," kata Erwin.

TokoCabang juga memungkinkan seluruh masyarakat dapat mengakses lebih banyak pilihan produk secara lebih cepat, dengan ongkos kirim lebih murah meski di tengah pandemi seperti ini.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...