Telkomsel Lapor Polisi soal Dugaan Penyalahgunaan Data Denny Siregar

Fahmi Ahmad Burhan
10 Juli 2020, 15:34
Telkomsel Lapor Polisi soal Dugaan Penyalahgunaan Data Denny Siregar
Instagram/@DennySirregar
Denny Siregar

Perusahaan telekomunikasi, Telkomsel mengajukan laporan ke kepolisian terkait dugaan kebocoran data pribadi Denny Siregar. Upaya ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kementerian meminta Telkomsel menginvestigasi dugaan kebocoran data influencer politik itu. "Telkomsel telah melakukan proses investigasi dan menindaklanjutinya dengan mengajukan laporan resmi kepada aparat penegak hukum," kata Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Andi Agus Akbar dikutip dari siaran pers, Jumat (10/7).

Laporan tersebut diserahkan pada Rabu (8/7) lalu. Perusahaan berjanji akan terus berkoordinasi dengan kepolisian terkait laporan itu.

(Baca: Penantian Panjang Beleid Baru Penambal Kebocoran Data Pribadi)

Telkomsel berkomitmen untuk patuh terhadap peraturan dan etika bisnis. Mereka juga berjanji untuk selalu mengacu pada standar teknis dan regulasi keamanan yang berlaku.

Perusaaan memastikan operasional keamanan data pengguna telah dilakukan, sesuai dengan standar sertifikasi ISO 27001. "Kami melakukan proses sertifikasi secara berkala dari lembaga internasional yang independen dan profesional," ujarnya.

Pelaporan tersebut merupakan tindak lanjut atas kebocoran data Denny Siregar. Pengguna Twitter dengan nama akun @opposite6891 mengunggah gambar yang memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) Denny.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...