40% Pendapatan Warga Anjlok, Ini Strategi Luhut Pulihkan Ekonomi Bali

Agatha Olivia Victoria
8 April 2021, 18:46
Bali, luhut, ekonomi bali, pendapatan warga bali
Menko Marves
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pengendalian kasus Covid-19, percepatan vaksinasi, dan protokol kesehatan menjadi tiga strategi utama pemerintah memulihkan ekonomi Bali dalam jangka pendek.

Pemerintah mencatat, 40,67% pendapatan warga Bali anjlok pada tahun lalu akibat Pandemi Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, terdapat sejumlah strategi yang disiapkan pemerintah dalam jangka pendek dan menengah untuk memulihkan ekonomi Pulau Dewata. 

Strategi pertama, menurut Luhut, adalah pengendalian kasus Covid-19. Ini tak hanya menjadi strategi untuk mendorong ekonomi Bali, tetapi nasional. Jika kasus terkendali, maka aktivitas ekonomi dapat kembali meningkat. 

Kedua. mempercepat vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Luhut mengatakan telah secara khusus meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mempercepat proses vaksinasi di Bali. 

Ketiga, perlu dilakukan pengetatan protokol kesehatan, terutama untuk para wisatawan mancanegara. Protokol akan sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara Indonesia dengan negara asal turis. 

"Kami sedang menjajaki negosiasi dengan beberapa negara untuk membuka travel bubble wisman untuk Bali," ujar Luhut dalam Acara Bali Economic and Investment Forum 2021, Kamis (8/4).

Selain itu, Luhut mengatakan ada sejumlah stretegi jangka menengah panjang yang juga disiapkan pemerintah demi mengungkit pariwisata Bali. Pertama, mengembangkan pariwisata kesehatan atau health tourism dengan membuka rumah sakit internasional untuk penanganan penyakit-penyakit spesifik, seperti kanker atau tumor.

"Sudah ada beberapa investor yang berminat. Health tourism dapat memperlama waktu kunjungan wisatawan," katanya. 

Kedua, menurut Luhut, melestarikan sumber daya kelautan dan budidaya perikanan, serta pertanian. "Kedua hal tersebut adalah kunci terhadap sustainability industri pariwisata di Bali," katanya.

Luhut berharap strategi-strategi tersebut dapat memulihkan ekonomi Bali yang terpukul oleh pandemi lebih dalam dari ekonomi nasional pada tahun lalu. Berdasarkan data BPS, ekonomi Bali terkontraksi 9,3% pada tahun lalu, lebih dalam dari ekonomi nasional yang terkontraksi 2,07%. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...