Penyebab Shopee PHK, Tutup Layanan, dan Mulai Kejar Untung

Desy Setyowati
28 September 2022, 14:36
sea group, phk, Shopee
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Shopee melakukan pemutusan hubungan kerja alias PHK dan menutup layanan di beberapa negara belakangan ini. Perusahaan Singapura ini mulai berfokus mengejar keuntungan, yang lebih dulu digaungkan oleh Grab dan Gojek.

Kontributor The Motley Fool Jon Quast menyampaikan, induk Shopee yakni Sea Ltd mendapatkan penghasilan utama dari lini bisnis gim Garena pada 2017. Sebagian besar pendapatan diraih dari pasar di Asia.

Sejak saat itu, Sea Ltd memperluas sumber pendapatan lewat Shopee dan layanan keuangan SeaMoney. Perusahaan teknologi Singapura ini bahkan memperluas pasar ke Eropa dan Amerika Latin.

Kini, pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) yang disesuaikan pada lini bisnis Garena turun 55% dari tahun ke tahun (year on year/yoy) menjadi US$ 333,6 juta pada kuartal II.

Sebagian karena game Free Fire dilarang di India. Selain itu, secara umum pasar video game menurun. Garena pun melakukan PHK terhadap sekitar 15% staf.

Shopee juga menutup layanan di beberapa negara di Eropa dan Amerika Latin. E-commerce ini juga melakukan PHK di Indonesia pekan lalu.

Quast mencatat, Sea Ltd tumbuh sangat cepat. “Tetapi hal ini dilakukan dengan sangat bergantung pada kas dari aktivitas pendanaan,” kata dia dikutip dari Nasdaq, minggu lalu (20/9).

Rinciannya dapat dilihat pada grafik di bawah ini:

Perbandingan pendapatan dan uang yang didapat Sea Ltd dari pendanaan
Perbandingan pendapatan dan uang yang didapat Sea Ltd dari pendanaan (The Motley Fool)

“Itu tidak bisa terus-menerus ‘dicelupkan ke dalam pot madu’ sekarang, karena lingkungan ekonomi makro berbeda,” demikian dikutip. Pot madu diartikan sebagai umber uang yang substansial.

CEO Sea Ltd Forrest Li sempat mengatakan bahwa perusahaan berjuang di era kenaikan suku bunga acuan, lonjakan inflasi, dan pasar yang bergejolak. Ia juga menyampaikan, investor beralih ke investasi yang aman di tengah situasi ekonomi sekarang ini.

“Investor sekarang kurang bersedia meminjamkan uang kepada perusahaan seperti Sea Ltd tanpa menuntut tingkat pengembalian yang jauh lebih tinggi. Pada dasarnya, persyaratan untuk meminjam uang tidak semenarik dulu,” kata Quast.

Belum lagi, bank sentral Amerika Serikat (AS) Thed Fed mengerek suku bunga. Hal ini membuat likuiditas berkurang, yang berdampak pada penurunan valuasi saham.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...