KLHK Segel 18 Lokasi Kebakaran Hutan, Sebagian Besar Kebun Warga

Image title
21 September 2024, 14:06
kebakaran hutan, karhutla
ANTARA FOTO/Seno/Spt.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Direktorat Jenderal Penegakan Hukum, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK menyegel 18 lokasi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla. Lokasi yang disegel terdiri dari lahan konsesi perusahaan dan kebun masyarakat. 

Direktur Jenderal, Gakkum, KLHK, Rasio Ridho Sani, mengatakan telah melakukan penindakan tegas pelaku karhutla dan penyelegalan 18 lokasi pad 1 Agustus 2024 hingga 19 September 2024.  "Penyegelan lokasi karhutla seluas 3.119,8 Ha ini tersebar pada 8 lokasi konsesi perusahaan dan 10 lokasi kebun masyarakat," ujar Rasio dalam keterangan, Sabtu (21/9). 

Ia menjelaskan, lokasi penyegelan terbanyak di Kalimantan Barat dengan 8 lokasi karhutla disegel. Kemudian, Provinsi Riau dengan 6 lokasi penyegelan, Provinsi Sumatera Selatan 3 lokasi, dan Kalimantan Timur 1 lokasi.

Adapun lokasi-lokasi yang telah disegel selanjutnya akan diproses di Ditjen Gakkum LHK, baik melalui tindakan pengawasan, operasi, administrasi, pidana dan perdata, sesuai dengan temuan-temuan tim kami di lapangan. 

Rasio mengatakan, penyegelan dan upaya-upaya hukum yang telah dilakukan harus menjadi perhatian bagi perusahaan dan masyarakat. Ia meyakinkan bahwa Gakkum KLHK akan melakukan tindak tegas terhadap perusahaan dan masyarakat yang terbukti menyebabkan/melakukan karhutla, sudah banyak perusahaan dan masyarakat yang dihukum terkait karhutla. 

Selain itu, Gakkum KLHK juga akan mengenakan seluruh instrumen penegakan hukum seperti pengenaan sanksi administrasi, penegakan hukum pidana, maupun perdata bagi perusahaan-perusahaan yang melanggar untuk memberikan efek jera agar tidak terjadi pelanggaran berulang. 

”Kami tidak akan ragu untuk memberikan sanksi hukum kepada korporasi atau masyarakat yang terbukti terlibat dalam pembakaran hutan dan lahan," ujarnya. 

 Di sisi lain, Direktur Pencegahan dan Pengamanan LHK, Rudianto Saragih Napitu mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai el nino yang dapat memicu karhutla. Ia pun akan terus memantau dan mengendalikan kejadian karhutla di seluruh wilayah Indonesia.

Ia juga memastikan bahwa tim Ditjen Gakkum LHK harus terus siap siaga memantau titik api di seluruh Indonesia. "Setiap hari tim kami memantau titik api dan memastikan penindakan cepat karhutla di seluruh Indonesia melalui kantor-kantor UPT kami," ujar Rudianto. 

Reporter: Djati Waluyo
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...