20 Daftar Makanan Khas Surabaya Ini Wajib Dicoba

Dwi Latifatul Fajri
13 Oktober 2021, 23:15
Makanan Khas Surabaya
Instagram.com/rawonbar

Surabaya memiliki beragam tempat wisata dan makanan kuliner khas. Ada beragam monumen dan tempat wisata populer di ibu kota Jawa Timur itu, seperti Monumen Kapal Selam, Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, dan masih banyak lagi.

Selain tempat wisata, makanan khas Surabaya juga tak kalah menarik untuk dijajal ketika berlibur. Kota Pahlawan ini cukup dikenal dengan makanan pedas seperti rawon, rujak cingur, dan pecel semanggi. Selain makanan pedas, ada juga minuman dan makanan manis yang bisa dicoba.

20 Makanan Khas Surabaya

Surabaya memiliki makanan legendaris yang menjadi ciri khas kotanya. Ada juga beragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ketika berlibur di Surabaya. Mengutip buku 45 Makanan Khas Surabaya yang diterbitkan Greatness Indonesia, berikut daftar makanan khas Surabaya:

1. Tahu TekTahu Tek

Tahu Tek (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Wajib Dicoba)

Nama tahu tek berawal dari penjual keliling yang memotong tahu dan lontong memakai gunting. Ketika dipotong berbunyi "Tek, tek, tek", sehingga tahu ini dinamakan tahu tek.

Makanan khas Surabaya satu ini berisi lontong yang dipotong kecil-kecil, dengan campuran tahu goreng, dan bagian atas diberi saus petis. Petis merupakan sambal khas Jawa Timur yang terbuat dari rebusan ikan atau udang, serta rempah yang dicampur sampai mengental menjadi saus.

2. Tahu Campur

Makanan ini terdiri dari tahu goreng, lontong, potongan daging sapi, selada, mie kuning, dan toge. Selain itu, ada tambahan perkedel singkong, kerupuk udang, kemudian ditaburi bawang goreng di atasnya.

3. Belut Surabaya

Belut Surabaya tidak berbau amis dan memiliki rasa gurih, manis, dan daging yang lembut. Belut goreng menjadi pelengkap sambal dan nasi hangat.

4. Soto Gubeng Pojok

Masakan soto ini berbahan dasar jeroan sapi dan daging sapi. Kuah soto berwarna kuning pekat dan rasanya gurih.

5. Sego Sambel

Sego Sambel
Sego Sambel (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Wajib Dicoba)

Makanan ini terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk sebagai pelengkap. Lauk sego sambel cukup beraneka macam, seperti ikan lele, ikan pari, telur dadar, dan tempe goreng. Sambal dalam masakan ini cukup pedas dan banyak. Adapun campuran sambal dibuat dari bawang putih, bawang merah, cabai, tomat, garam, dan terasi.

6. Sate Klopo

Dalam bahasa Indonesia, sate klopo artinya sate kelapa. Sate klopo terbuat dari daging ayam dan daging sapi. Makanan ini mirip dengan sate pada umumnya, yang membedakan adalah jeroan dan lemak sapi, serta tambahan parutan kelapa di bagian atas sate sebelum dibakar.

7. Sate Karak

Sate Karak merupakan kuliner khas Surabaya. Sate ini terdiri dari potongan besar daging dan jeroan sapi. Uniknya, sate karak dimakan bersama dengan ketan dan bumbu kedelai pedas.

8. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
Pecel Semanggi (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang LEzat dan Wajib Dicoba)

Pecel Semanggi terdiri dari daun semanggi, tauge, daun ketela, dan bumbu kacang. Masakan ini disajikan di atas daun pisang yang dibentuk segitiga. Bumbu pecel terbuat dari campuran ubi jalar, cabai, kacang tanah, terasi, dan gula merah. Ada kerupuk uli yang terbuat dari beras sebagai pendamping pecel semanggi.

9. Rawon

Rawon dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kluwek. Kluwek adalah biji tanaman yang membuat warna kuah dan daging menjadi hitam. Se;ain daging, dalam semangkuk Rawon Anda bisa menemukan campuran lainnya seperti tauge, timun, sambal yang menghasilkan rasa gurih dan pedas.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...