Mengenal Hudoq, Tari Dayak dengan Unsur Mistis

Image title
7 Desember 2021, 08:40
Kesenian hudoq, tari dayak dengan nuansa mistis
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id
Kesenian hudoq, tari dayak dengan nuansa mistis

Indonesia dianugerahi oleh keanekaragaman etnis dan suku yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Meski sudah tergerus modernisasi, sebagian besar suku di nusantara masih memegang teguh adat istiadat serta kebudayaannya. Salah satunya adalah suku dayak di pulau Kalimantan.

Suku dayak terkenal akan keunikan tradisinya. Umumnya, baik kesenian ataupun budayanya tidak bisa dilepaskan dari harmonisasi hubungan antara manusia dengan alam, roh leluhur, dan sebagainya. Contohnya seperti upacara adat hudoq, tari dayak yang merupakan bentuk ucapan syukur atas melimpahnya hasil panen.

Hudoq termasuk sebagai ikon budaya suku dayak. Bahkan, kesenian tari topeng ini ikut ditampilkan pada perhelatan akbar Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tahun 2018 silam.

Selain sarat akan hal mistis, tarian hudoq juga berfungsi sebagai hiburan bagi masyarakat suku dayak saat membuka lahan. Ada dua jenis tarian hudoq. Pertama, tari dayak yang berkembang di tengah masyarakat dayak bahau dan modang. Kemudian, jenis tari dayak lainnya adalah hudoq kita. Kesenian ini bisa dijumpai di suku dayak Kenyah.

Tarian hudoq memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Daya tarik utamanya terletak pada penggunaan topeng dengan ukiran serta corak warna suku dayak.

Meskipun dipakai sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan leluhur dan mengusir roh jahat di sekitar mereka, suku dayak kerap mementaskan kesenian ini pada beberapa acara besar. Untuk mengetahui lebih jauh soal tari dayak tersebut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.  

Apa Itu Tari Dayak Hudoq?

Dalam buku bertajuk Seni dan Budaya karya Harry Sulastianto beserta kawan-kawan, dijelaskan bahwa topeng yang digunakan dalam pementasan tari dayak ini biasanya berbentuk menyerupai binatang buas. Sedangkan, tubuh para penari hudoq mengenakan busana yang terbuat dari dedaunan hijau.

Tari hudoq dimaksudkan untuk meminta doa, agar tanaman yang ditanam masyarakat suku dayak dapat terhindar dari serangan hama sekaligus hasil panennya bisa melimpah. Orang suku dayak percaya, setiap gerakan tari hudoq memiliki kekuatan magis yang bisa mempengaruhi kesuburan tanah dan produksi tanaman mereka.

Seperti penjelasan sebelumnya, tari hudoq terbagi menjadi dua jenis. Salah satunya adalah tari dayak yang dikembangkan oleh masyarakat dayak kenyah. Kedua tarian hudoq ini memang terlihat mirip. Tetapi, jika ditelisik lebih dalam, maka beberapa perbedaannya akan nampak.

Tari tradisional dayak kenyah itu disebut tari hudoq kita’. Faktor utama yang membedakan tarian ini dengan seni hudoq lainnya adalah pada penggunaan topengnya. Topeng hudoq kita’ memiliki bentuk menyerupai wajah manusia. Selain itu, busana yang dikenakan para penarinya berupa kostum lengan panjang. Dalam kesenian ini, terdapat dua topeng yang sering dipentaskan.

Jenis topeng pertama adalah terbuat dari kayu. Sedangkan topeng lainnya berupa cadar yang dihiasi manik-manik khas suku dayak kenyah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...