7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kediri

Dwi Latifatul Fajri
3 Mei 2022, 07:45
Oleh Oleh Khas Kediri
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.
Ilustrasi, Tahu Takwa Makanan Khas Kediri

Kediri berada di provinsi Jawa Timur. Setelah Idul Fitri, anda bisa berkunjung ke tempat wisata di Kediri. Kota ini memiliki wisata alam menakjubkan. Bukit Gandrung termasuk wisata alam populer di Kediri. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dan fasilitas di area pegunungan.

Kota Kediri juga dikenal sebagai penghasil tahu berkualitas. Produksi tahu Kediri menghasilkan makanan khas Kediri dari bahan tahu. Kediri menghasilkan tahu kuning yang lebih padat dari tahu putih.

Contoh makanan khas Kediri dari bahan tahu yaitu stik tahu, tahu takwa, dan tahu pong. Kota Kediri juga memiliki makanan untuk camilan untuk oleh-oleh.

Oleh-oleh Khas Kediri

1. Stik Tahu

Kota Kediri dijuluki sebagai Kota Tahu. Banyak pedagang menjual tahu berkualitas di kota ini. Stik tahu salah satu hasil olahan dari produk tahu.

Stik tahu dari Kediri menggunakan bahan dasar tahu berkualitas. Proses pembuatan masih memakai cara tradisional. Tahu dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu tahu dihaluskan dan diberi tepung maizena dan terigu supaya lebih padat.

Stik tahu menggunakan bumbu seperti garam dan lada untuk rasa gurih. Kemudian adonan digoreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan.

2. Tahu Takwa

Ketika anda berkunjung ke Kediri tidak lupa membeli tahu takwa. Tahu ini berbentuk persegi, berwarna kuning, dan teksturnya padat. Warna kuning dari tahu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna alami. Ketika digoreng tekstur tahu takwa lebih lembut dan kenyal. Anda bisa membeli tahu takwa untuk lauk makan dan camilan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...