Setelah Jatim, Wabah PMK Diduga Menyerang Sapi di NTB

Image title
Oleh Antara
10 Mei 2022, 14:06
Ilustrasi peternak sapi.
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Ilustrasi peternak sapi.

Puluhan ekor sapi di Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami gejala mirip dengan hewan ternak yang terkena wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Timur (Jatim). Pemerintah daerah sedang melakukan pemeriksaan di laboratorium untuk mengidentifikasi penyakit tersebut.

"Dari laporan masyarakat, ditemukan 63 ekor sapi yang tiba-tiba sakit atau diduga terkena wabah penyakit. Namun, tidak ada yang mati," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Taufikurahman, di Praya, Selasa (10/5).

Lalu telah menurunkan tim untuk melakukan pengobatan pada sapi milik peternak yang mengalami gejala virus tersebut. Namun, dia belum bisa memastikan jenis penyakit yang menyerang puluhan ekor sapi itu.

"Tim sudah turun mengambil sampel. Hasilnya akan keluar pada pekan ini. Nanti kita akan sampaikan setelah hasil laboratorium dari Denpasar Bali telah keluar," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan, hewan ternak tersebut mengalami gejala mengeluarkan lelehan lendir dari mulut dan hidung, luka di hidung, mengeluarkan air liur berlebihan, demam hingga mencapai 37 derajat celcius, serta di antara kuku kaki ada luka. Selain itu, sapi milik warga itu tidak nafsu makan sehingga nampak lemas.

"Gejalanya hampir sama (dengan PMK), tapi belum bisa kita pastikan. Peluang sembuh itu lebih besar, sehingga kita melakukan upaya pengobatan," katanya.

Pemerintah daerah telah mengeluarkan surat imbauan kepada semua kecamatan dan desa untuk melaporkan apabila ditemukan sapi dengan gejala mirip PMK. Warga diminta melaporkan kepada petugas yang telah disiagakan di masing-masing kecamatan.

"Kita imbau masyarakat untuk tidak melakukan pemotongan sapi sakit. Karena akan merugikan petani itu sendiri. Silakan dilaporkan ke petugas, supaya bisa diberikan pengobatan," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...