7 Rekomendasi Tempat Wisata Wonosobo Dieng untuk Berlibur

Dwi Latifatul Fajri
11 Juli 2022, 12:20
wisata Wonosobo Dieng
disparbud.wonosobokab.go.id
Ilustrasi, wisata bukit Sikunir, yang terketak di Gunung Dieng.

Kabupaten Wonosobo memiliki tempat wisata populer. Salah satu tempat wisata berada di desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dataran tinggi Dieng memiliki pesona alam dan perkebunan. Ada berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi di akhir pekan.

Wisata Wonosobo Dieng contohnya perbukitan, area perkebunan, telaga, dan kawah. Wisatawan bisa menikmati udara bersih dan pemandangan menakjubkan dari dataran tinggi. Berikut rekomendasi wisata Wonosobo di Dieng.

Wisata Wonosobo Dieng

1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang berada di Kecamatan Batur. Luas area mencapai 200 meter. Kawah Sikidang berada di kawasan gunung Prau. Tempat ini berisi kawah vulkanik yang masih aktif.

Pengunjung bisa melihat area kawah sesuai pagar batas. Namun anda perlu berhati-hati ketika berada di dekat kawah. Ada aroma belerang yang membahayakan jika dihirup terlalu lama.

2. Lubang Sewu

Daerah Dieng dikenal dengan telaga di dataran tinggi, salah satunya Lubang Sewu. Pemberian nama ini karena telaga akan kering di musim kemarau. Ketika musim kemarau, banyak batuan besar seperti Grand Canyon di Amerika Serikat.

3. Bukit Sikunir

Lokasi bukti Sikunir berada di Desa Sembungan. Bukit ini menawarkan pemandangan matahari terbit di pagi hari. Wisatawan bisa berkunjung melihat langsung matahari terbit sambil foto di dataran tinggi Dieng. Waktu terbaik untuk melihat matahari terbit antara bulan Juli sampai Agustus. Ketika itu musim kemarau tiba dan tidak ada hujan di pagi hari.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...