12 Rekomendasi Wisata Religi Bersejarah di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
9 April 2022, 16:19
Ilustrasi, warga memadati Masjid Raya Baiturrahman yang telah menjadi salah satu tempat wisata religi di Banda Aceh.
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/hp.
Ilustrasi, warga memadati Masjid Raya Baiturrahman yang telah menjadi salah satu tempat wisata religi di Banda Aceh.

Mengunjungi tempat wisata di Indonesia bisa beragam. Contohnya saja wisata alam, wisata religi, wisata budaya, sejarah, edukasi, dan masih banyak lagi.

Indonesia memiliki tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata populer berada di Bali. Selain menikmati pemandangan pantai dan budaya, anda bisa datang ke wisata religi. Wisata religi populer di Bali yaitu Pura Agung Besakih dan Pura Uluwatu. Kedua pura ini digunakan untuk ibadah dan atraksi menarik untuk wisatawan.

Advertisement

Beberapa daerah memiliki wisata religi yang bisa dikunjungi. Wisata religi bisa menjadi aktivitas ibadah dan spiritual. Berikut rekomendasi wisata religi.

Wisata Religi di Indonesia

1. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot berada di Kabupaten Tabanan, Bali. Destinasi wisata religi ini berada di pesisir pantai. Pura Tanah Lot menjadi tempat ibadah umat Hindu dan acara keagamaan. Wisatawan dapat melihat pura yang berada di pantai dan pemandangan matahari tenggelam.

2. Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman termasuk masjid bersejarah. Masjid Baiturrahman populer karena tetap kokoh ketika bencana Tsunami di Aceh tahun 2004.

Berdasarkan sejarah, masjid ini dibangun ketika era kesultanan Aceh. Masjid Baiturrahman sempat hancur karena serangan Belanda. Kemudian masjid ini dibangun kembali tahun 1.879 sampai 1881.

3. Maha Vihara Mojopahit

Wisata religi Jawa Timur untuk umat Buddha adalah Maha Vihara Mojopahit. Masjid ini berada di Mojokerto, Jawa Timur. Luas bangunan sekitar 20.000 meter persegi.

Maha Vihara Mojopahit menggunakan arsitektur bergaya Jawa. Selain itu wisatawan dapat melihat Patung Budha Tidur besar di lokasi wisata.

4. Patung Yesus Toraja

Di Indonesia terdapat Patung Yesus yang berdiri di area perbukitan. Patung ini hampir sama seperti patung Yesus di Rio de Janeiro, Brazil.

Patung Yesus Toraja memiliki nama resmi "Patung Yesus Memberkati" Patung ini menjadi simbol agama Nasrani di kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

5. Makam Sunan Gunung Jati

Wisata religi Cirebon untuk umat Islam adalah makam Sunan Gunung Jati. Lokasi wisata religi berada di kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Makam Sunan Gunung Jati memiliki desain arsitektur antara Cina, Arab, dan Jawa. Bagian dinding makam menggunakan porselen dan keramik. Dinding makam menggunakan ukiran kaligrafi dalam bentuk bahasa Arab.

6. Klenteng Sam Po Kong

Salah satu wisata religi Jawa Tengah yaitu Klenteng Sam Po Kong.Klenteng ini berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Kawasan Klenteng memberikan sejarah Laksamana Cheng Ho yang konon berlayar sampai Semarang. Pengunjung juga bisa menikmati moment foto khas negeri tirai bambu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement