Sejarah Mie Aceh, Kuliner Hasil Perpaduan Banyak Budaya

Tifani
Oleh Tifani
9 September 2022, 15:18
mie Aceh
Katadata
Ilustrasi, mie Aceh.

Mie Aceh adalah satu dari kuliner khas yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Ciri khas dari kuliner yang satu ini ialah mie yang disiram kuah kari kental yang bercita rasa rempah-rempah, ditambah aneka lauk didalamnya.

Jika kuliner mie pada umumnya menggunakan daging sapi, ayam maupun aneka hewan laut, mie Aceh memadukan semua lauk tersebut. Hidangan khas Aceh ini, menggunakan campuran daging sapi, ayam, kambing, bahkan olahan aneka seafood seperti cumi hingga kepiting.

Tidak perlu khawatir soal cita rasa, aneka rempah-rempah khas Aceh seperti cabai, lada, jinten, kapulaga dan kunyit menjadi bumbu dasar pembuatan kuah kari kuliner ini. Sehingga, kuliner ini memiliki rasa yang komplit.

Mie Aceh berbeda dengan mie pada umumnya. Bahan dasar mie yang diolah bertekstur kenyal, pipih dan juga tebal serta warna yang cenderung kuning cerah, sehingga menambah keindahan pada kuliner tersebut.

Selain itu, kuliner ini bisa disajikan dalam tiga jenis, yakni mie goreng (kering), mie kuah, dan mie goreng basah. Sebagai pelengkap, satu piring mie Aceh akan diberi taburan bawang goreng, kerupuk emping, mentimun dan juga jeruk nipis.

Sejarah Singkat Mie Aceh

Keberadaan kuliner khas serambi Mekah ini tidak lepas dari pengaruh budaya asing. Saat itu, pelabuhan Kerajaan Aceh merupakan salah satu pelabuhan tersibuk yang banyak disinggahi para pedagang asing.

Para pedagang ini kemudian berasimilasi dengan penduduk lokal, yang selain menyebarkan agama Islam juga membawa cita rasa baru dalam masakan. Dalam buku berjudul "Kuliner Bergizi Berbasis Budaya" karya Sunarto Kadir (2022), kaldu kental dalam mie Aceh merupakan pengaruh dari masakan India. Sementara mie sendiri berasal dari masakan Tiongkok.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...