Teknologi Baru Shell untuk Usaha Kecil Menengah

Image title
13 Juli 2018, 11:23
SPBU Shell Cikini
Arief Kamaludin | Katadata
SPBU Shell Cikini

PT Shell Indonesia mengeluarkan teknologi baru di Indonesia yakni berupa Fleet Card Prabayar. Teknologi ini berupa kartu yang bisa digunakan untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Shell.

Pembayaran nontunai ini ditujukan untuk dunia bisnis, terutama Usaha Kecil Menengah. Kartu ini dapat diterima di lebih dari 80 Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Shell di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Shell juga bekerja sama dengan Bank Mandiri Tbk (Persero), melalui anak usahanya yang bergerak di bidang pengembangan pembayaran nontunai (e-cash), PT Digital Artha Media (DAM Corp). Kerjasama ini merupakan yang kedua setelah peluncuran Fleet Card pascabayar pada tahun lalu.

Teknologi yang digunakan dalam kartu ini menggunakan keping (chip) dan kode pribadi (Personal Identification Number/PIN) sebagai standar keamanan industri perbankan. "Ini menjadi solusi dalam meminimalkan penyahluganaan bahan bakar," ujar Direktur Retail Shell Indonesia, Wahyu Indrayanto, di Jakarta (11/07).

Kartu Fleet Card pascabayar dapat digunakan dengan cara mengatur pilihan liter bahan bakar, atau waktu. Jika perusahaan mengatur 20 liter per hari, maka kendaraan operasional tersebut tidak bisa mengisi lebih dari itu dalam waktu sehari.

Selain itu, juga dapat mengatur waktu pengisian bahan bakar. Jika ada kendaraan operasional yang mengisi bahan bakar dengan waktu yang melebihi ketentuan perusahaan, maka kendaraan tersebut tidak bisa mengisi bahan bakar. Oleh karena itu, Shell menganggap ini merupakan cara efisensi bisnis untuk menghindari penyalahgunaan bahan bakar.

Wahyu juga mengatakan sistem ini sudah dilakukan beberapa negara pada 50 tahun yang lalu. Namun ini merupakan pertama kalinya di Indonesia.

(Baca: Tiga Strategi Shell Agar Konsumen Tak Kabur Usai Kenaikan Harga BBM)

Kartu ini memiliki target pengguna dunia usaha. Namun, Shell juga menyediakan pilihan lain yang memiliki target pribadi, yaitu Clubsmart.  "Dengan kartu Clubsmart konsumen bisa mendapatkan diskon untuk mengisi bahan bakar, kopi, atau mengganti oli," ujar dia.

Reporter: Fariha Sulmaihati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...