PLN: Token Diskon Listrik Sudah Tersedia, Begini Cara Mendapatkannya
Pemerintah memperpanjang waktu pemberian diskon listrik pelanggan rumah tangga hingga September 2020. PLN pun siap memberikan diskon listrik pada bulan ini kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi.
Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi mengatakan PLN yakin pemberian keringanan tagihan bulan ini bakal berjalan lancar. Pasalnya, perusahaan telah mendata seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan diskon listrik sejak pemberian stimulus Covid-19 sebelumnya.
"Program ini sifatnya perpanjangan, PLN optimis tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan," kata Agung dalam siaran pers, Minggu (2/8).
Program ini memberikan biaya listrik gratis kepada pelanggan 450VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan 900VA bersubsidi berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. Bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan pasca bayar.
Sedangkan pelangan pra-bayar harus memasukkan token diskon dari PLN. Besaran bantuan dihitung berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara Januari hingga Maret 2020. Adapun cara mendapatkan token diskon listrik melalui website sebagai berikut:
1. Buka laman www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:
1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik diterima masyarakat. Pelanggan juga bisa mengunjungi kantor layanan PLN yang tersebar di Indonesia atau melalui Contact Center 123 untuk informasi lebih lanjut.
“Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi Covid-19," kata Agung.
Dari sisi jumlah penerima stimulus Covid-19, pelanggan Rumah Tangga 450VA mencapai 23,5 juta sedangkan pelanggan 900VA bersubsidi sebanyak 7,3 juta pelanggan. Untuk jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 500 ribu pelanggan.