Medco Energi Jual Aset Migas di Thailand ke Jadestone senilai Rp 486 M

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Januari 2023, 13:31
medco energi, jadestone, lapangan migas, divestasi
SKK Migas
Ilustrasi lapangan migas.

Perusahaan migas yang berbasis di Singapura Jadestone Energy mengakuisisi 9,52% saham lapangan gas Sinphohum sekaligus 27,2% aset penemuan gas Dong Mun milik Medco Energi Internasional Indonesia senilai US$ 32,5 juta atau sekira Rp 486,4 miliar.

Alih aset ladang gas yang terletak di daratan Thailand itu disepakati oleh Jadestone dengan perusahaan afiliasi Medco, Salamander Energy. Direktur Utama Jadestone, Paul Blakeley, menyampaikan bahwa pengembangan dua aset gas ini akan berdampak positif bagi kinerja perusahaan.

Lewat akuisisi proyek migas tersebut, Jadestone akan memperoleh cadangan gas sejumlah 4,6 juta barel setara minyak (MBOE). “Aset ini sangat meyakinkan, beroperasi hampir 100% pada tahun 2022 dengan take-or-pay yang tinggi ke pembangkit listrik regional,” kata Paul Blakeley, dikutip dari Energyvoice pada Rabu (25/1).

Jadestone menyebut, kesepakatan alih aset tersebut akan memberikan arus kas positif kepada perusahaan lewat salur gas yang stabil di angka sekitar 1.600 barel setara minyak per hari.

Lebih lanjut, perusahaan yang terdaftar di Inggris ini juga melihat peluang lebih jauh dari keuntungan pengeboran infill lanjutan di dalam ladang gas Sinphuhorm, dengan sumur yang direncanakan pada tahun 2023 dan 2024.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...