Eni Sukses Kerek Produksi Gas Lapangan Merakes 777% Menjadi 790 MMSCFD

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Februari 2023, 18:43
produksi gas, eni, lapangan merakes, migas
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Petugas beraktifitas di sekitar Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Menteri ESDM Arifin Tasrif melaporkan bahwa produksi gas di Lapangan Marekes meningkat signifikan ke angka 790 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada awal tahun ini. Torehan ini naik 777% dari tingkat produksi sebelumnya yang berada di kisaran 90 MMSCFD.

"Kabar bagus, Eni Merakes produksinya kan kemarin 90 MMSCFD naik menjadi 790 MMSCFD," kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM pada Jumat (24/2).

Lapangan gas yang dikelola oleh perusahaan migas asal Italia, Eni East Sepinggan Limited itu berlokasi di cekungan Kutai, lepas pantai Kalimantan Timur. Eni sebelumnya memang merevisi rencana pengembangan (PoD) pertama pada dua lapangan, yakni Lapangan Merakes dan Merakes East.

Revisi PoD diajukan untuk memberikan informasi terhadap tambahan cadangan migas dan sharing facility dari dua lapangan tersebut. Lapangan Merakes mulai mengalirkan produksi gas pertamanya pada April 2021.

Proyek senilai US$ 1,3 miliar ini diperkirakan akan menambah produksi gas nasional sebesar 368 MMSCFD pada saat puncak produksi. Dengan laporan produksi terkini, gas yang dihasilkan oleh Lapangan Merakes sudah melewati perkiraan puncak produksi.

Adapun produksi gas dari Lapangan Merakes akan dikumpulkan di manifold bawah laut untuk kemudian dialirkan ke floating production unit (FPU) Jangkrik yang terletak sekitar 45 km dari manifold Merakes.

Selanjutnya, gas tersebut akan diproses di FPU Jangkrik lalu dikirim ke onshore receiving facility (ORF) Senipah melalui jalur pipa ekspor Jangkrik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...