PHM Buat Rekor Pengeboran Terpanjang dan Tercepat di Blok Mahakam

Happy Fajrian
15 Maret 2023, 14:45
pertamina, blok mahakam, pengeboran
Arief Kamaludin|KATADATA
Pertamina membuat rekor pengeboran terpanjang dan terdalam dalam satu kali rangkaian, dan pengeboran tercepat 40,6 meter per jam di Blok Mahakam.

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) Kalimantan, mencatat dua rekor baru, yakni pengeboran terdalam dalam satu kali rangkaian yakni mencapai 3.346 meter, dan pengeboran tercepat mencapai 40,6 meter per jam dalam kegiatan pengeboran offshore di Blok Mahakam.

Dengan prestasi ini, PHM dapat melakukan penghematan waktu dan biaya pengeboran yang berdampak pada penurunan biaya operasi migas Perusahaan.

General Manager PHM, Krisna menyampaikan bahwa keberhasilan pengeboran ini dapat mengeliminasi potensi hilangnya lumpur pengeboran serta meningkatkan potensi temuan minyak dan gas di zona reservoir, yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

“Perusahaan terus menerapkan beragam inovasi dan teknologi dalam menjalankan operasi dan bisnis migas perusahaan, salah satunya dalam kegiatan pengeboran, dengan menjalankan praktik-praktik terbaik di industri migas nasional dan dunia,” jelas Krisna dalam siaran pers, dikutip Rabu (15/3).

Rekor pengeboran terpanjang ini menggunakan Rig Hakuryu-14 di sumur JM-101.G1, lapangan Jempang Metulang, South Mahakam, dengan interval lubang (hole section) 8.5 inci.

Sementara laju pengeboran (On Bottom Rate of Penetration/OB ROP) tercepat terjadi di sumur JM-101.G1 yang mencapai OB ROP 40.6 meter per jam. Kecepatan ini meningkat 150% dari rerata kecepatan pengeboran sebelumnya di platform JM-1 yang berada di kisaran OB ROP 15 meter per jam.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...