Jaga Keandalan Listrik Fasilitas Kesehatan, PLN Diganjar Penghargaan

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Publikasi Katadata
12 April 2023, 20:48
PLN Edsus Pandemi
Dok PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mendapatkan penghargaan dari Katadata atas sumbangsihnya dalam menjaga keandalan pasokan listrik ke fasilitas kesehatan selama pandemi Covid-19. PLN masuk dalam kategori “Penopang Keandalan Sistem Kesehatan Saat Pandemi”.

Apresiasi ini bagian dari rangkaian kegiatan anugerah Katadata 25, sebuah edisi khusus dan apresiasi terhadap 25 tokoh dan lembaga yang berpengaruh besar dalam penanganan Covid-19.

Pada tahun 2021, PLN menyiagakan 11.821 personil yang terdiri atas pegawai dan mitra kerja. Para personil tersebut disiagakan di wilayah-wilayah yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Di DKI Jakarta, sebanyak 2.356 petugas disiagakan untuk menjaga keandalan pasokan listrik di titik vital penanggulangan Covid-19. PLN juga menyiapkan 6 unit UPS (Uninterruptible Power Supply), 4 Unit Kabel Bergerak (UKB), 20 Unit power bank dengan total kapasitas 8.860 kilo Volt Ampere (kVA), 17 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 4 unit mobil crane.

Di Jakarta, Wisma Atlet yang digunakan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 mempunyai kapasitas daya 11.080.000 Volt Ampere (VA). Tercatat ada 3 gardu distribusi yang memasok 7 tower di sana. 

Wisma Atlet menggunakan sistem kelistrikan yang dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO) di sisi tegangan menengah. Ini merupakan media pemindahan pasokan listrik dari suplai utama ke suplai cadangan apabila terjadi gangguan.

Halaman:

Dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi Covid-19, Katadata menyajikan edisi khusus Katadata25. Sebanyak 25 tokoh atau lembaga kami sajikan dalam beragam konten informatif. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...