Pertamina Dekati Bank Asal Korea untuk Pengadaan Kapal Tanker Baru

Muhamad Fajar Riyandanu
14 April 2023, 10:16
pertamina, kapal tanker, korea selatan,
Pertamina International Shipping
Pertamina kini memiliki kapal tanker gas terbesar di dunia, Pertamina Gas Amaryllis, yang menggunakan sistem dual fuel, yakni LSFO dan LPG, sehingga lebih ramah lingkungan.

PT Pertamina International Shipping (PIS) menjajaki kerja sama investasi dengan The Export Import Bank of Korea (KEXIM) dan Korea Trade Insurance Corporation (K-SURE) untuk penambahan armada dan peremajaan kapal angkut perusahaan.

Direktur Keuangan PIS, Diah Kurniawati, mengatakan bahwa pertemuan itu dilakukan untuk menjajaki potensi kerja sama pendanaan investasi, khususnya rencana pembelian kapal bangun baru untuk penambahan dan peremajaan armada kapal angkut PIS.

"Kunjungan dan pertemuan ini dilakukan untuk menjajaki potensi kerja sama pendanaan investasi untuk mendukung target pertumbuhan perusahaan di tahun ini dan ke depannya,” kata Diah dalam siaran pers yang dikutip Jumat, (14/4).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Direktur Keuangan PIS Diah Kurniawati dan Direktur Keuangan dan SDM Pertamina Trans Kontinental (PTK) Afan Aftory. Pertemuan dengan KSURE juga difasilitasi oleh bank komersial Jepang SMBC di kantor SMBC yang berada di Seoul, Korea Selatan pada Maret lalu.

K-SURE dan KEXIM adalah lembaga yang dibentuk pemerintah Korea Selatan yang berperan penting dalam mendukung ekspor dan investasi Korea di skala global melalui program pendanaan kepada pembeli produk produk manufaktur Korea, termasuk dalam hal ini industri pembangunan kapal baru (new built vessel).

Adapun fasilitas pendanaan dari agensi kredit ekspor Korea ini memiliki beberapa manfaat. Diantaranya tenor pinjaman yang lebih panjang, struktur pinjaman yang lebih kompetitif, pinjaman yang lebih besar, dan diversifikasi sumber pendanaan yang lebih luas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...