PLN Gandeng HDF Perancis Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Hidrogen

Lavinda
Oleh Lavinda
19 April 2023, 21:17
PLN
Dok PLN
Dalam lawatan kerjanya di Prancis, PLN menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Hydrogen de France SA (HDF) untuk pengembangan teknologi hidrogen di Indonesia.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menggandeng perusahaan pembangkit asal Perancis, Hydrogen de France SA (HDF), untuk mengembangkan teknologi hidrogen di Indonesia.

Kerja sama tersebut diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara perwakilan PLN dan HDF. Acara ini turut disaksikan oleh Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis, Olivier Becht dan Duta Besar Indonesia untuk Perancis, Andorra, dan Monaco, Mohamad Oemar.

HDF adalah perusahaan Perancis yang diklaim menjadi pelopor pembangkit hidrogen di dunia. HDF mengembangkan dan mengoperasikan infrastruktur hidrogen berskala megawatt untuk permintaan listrik dari sumber energi terbarukan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, kolaborasi ini dilakukan sebagai upaya merealisasikan transisi energi, sekaligus mengurangi emisi karbon dari sektor kelistrikan demi mencapai target Net Zero Emission 2060.

Menurut dia, kedua pihak punya komitmen yang sama untuk memastikan ketersediaan energi bersih dan terjangkau. Melalui kolaborasi ini, PLN ingin mengakselerasi pengembangan teknologi hidrogen sekaligus mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

“Kami mengapresiasi HDF atas kolaborasi ini, khususnya terkait pengembangan teknologi energi yang berkelanjutan, dalam hal ini pemanfaatan hidrogen di sektor pembangkitan,” kata Darmawan dalam keterangan pers, dikutip Rabu (19/4).

Darmawan berencana mengganti pembangkit-pembangkit diesel berbasis fosil milik PLN di kawasan-kawasan terisolir di Tanah Air. Kerja sama pengembangan teknologi hidrogen dengan HDF ini, menurut dia, akan menjadi solusi pemanfaatan potensi alam di Indonesia melengkapi pembangkit bertenaga surya dan angin yang memiliki intermitensi atau keterbatasan faktor cuaca.

Kerja sama ini dapat mendorong percepatan pengembangan pembangkit berskala megawatt yang menghasilkan listrik yang stabil, berkelanjutan dan ramah lingkungan ke jaringan 24 jam dan tujuh hari (24/7), melalui pembangkit Renewstable.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...