Airlangga Beberkan Sejumlah Manfaat Larangan Ekspor Bauksit

Andi M. Arief
20 Juli 2023, 11:41
bauksit, airlangga, ide katadata 2023
Katadata - Muhammad Zaenuddin
Airlangga Hartarto menjadi pembicara di IDE 2023

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan urgensi hilirisasi bauksit di dalam negeri. Airlangga menyampaikan dua alasan, yakni peningkatan nilai tambah dan penyederhanaan alur logistik.

Airlangga mengatakan proses pengolahan bauksit cukup rumit hingga produk akhirnya digunakan di dalam negeri. Produk akhir yang dimaksud adalah blok mesin yang akhirnya digunakan oleh PT Toyota Manufacturing Indonesia sebagai bahan baku.

Ia lalu menjelaskan, bauksit dari Pulau Kijang, Kepulauan Riau diekspor ke Australia. Hasil pengolahannya yakni alumina lalu dikirim lagi ke Asahan di Sumatera Utara untuk diolah menjadi aluminium. Setelah itu aluminium dikirim lagi ke Jepang untuk diolah sebelum diekspor lagi sebagai mesin ke Indonesia. 

"Jadi perjalanan bauksit dari Tanah Air ini lucu," kata Airlangga dalam Indonesia Data and Economic Conference Katadata 2023, di Jakarta, Kamis (20/7).

Airlangga mencatat harga bauksit yang diekspor ke Australia mencapai US$ 30 per ton, harga alumina dari Negeri Kangguru ke dalam negeri senilai US$ 1.800 per ton, sedangkan harga aluminium yang diekspor ke Jepang adalah US$ 6.500 per ton.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...