PLTP Sokoria Beroperasi, Salurkan Listrik Ke Jaringan Ende-Ropa PLN

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Juli 2023, 23:42
Listrik
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.
Pekerja menyelesaikan pekerjaan pada proyek sumur produksi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) PT Geo Dipa Energi di kawasan dataran tinggi Dieng Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (6/9/2022).

PT Sokoria Geothermal Indonesia atau PT SGI melaporkan pembangkit listrik tenaga panas bumi alias PLTP Sokoria Unit II berkapasitas 3 megawatt (MW) telah beroperasi komersial atau commercial operation date (COD) pada Jumat, 28 Juli lalu.

PLTP yang terletak di Desa Sokoria, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur ini resmi beroperasi dan memasok listrik ke jaringan Ende-Ropa milik PT PLN. Pengoperasian berbekal Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM. 

Kepala Teknik Panas Bumi (KTPB) PLTP Sokoria Doni Masditok mengatakan beroperasinya PLTP Sokoria Unit II menambah kapasitas terpasang listrik panas bumi PT SGI menjadi 8 MW. Angka tersebut merupakan gabungan dari PLTP Sokoria Unit I berkapasitas 5 MW yang telah beroperasi sejak Maret 2022 silam.

"Operasi komersial Unit II adalah sebuah hasil dari kerja sama antara PT SGI, Pemda, Ditjen EBTKE dan PLN. Kami sangat mengharagai dukungan yang kuat dan terus-menerus dari pemerintah setempat, PLN, masyarakat Kabupaten Ende, selama kegiatan eksplorasi dan eksploitasi," kata Doni dalam siaran pers pada Senin (31/7).

Pemerintah menerapkan Proyek PLTP Sokoria sebagai objek vital nasional pada 18 Oktober 2021. Hingga Juni 2023, proyek ini memiliki total investasi sebesar US$ 114,7 juta. PT SGI tengah merenanakan pembangunan Unit III dengan target daya terpasang 11 MW.

“Kami akan terus berkomitmen untuk mengembangkan PLTP Sokoria hingga mencapai kapasitas maksimal,” ujar Doni.

Sebelumnya, Kementerian ESDM menyebutkan ada 13 MW tambahan listrik panas bumi yang akan beroperasi secara komersial pada 2023. Input setrum bersih itu berasal dari pembangkit listrik tenaga uap atau PLTP Dieng, Wonosobo sejumlah 10 MW dan PLTP Sokoria di Nusa Tenggara Timur berkapasitas 3 MW.

"Tahun ini memang pembangkit yang masuk tidak banyak. Berdasarkan kesiapan progres proyek saat ini hanya ada 13 MW yang mungkin masuk di 2023," kata Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM, Harris Yahya, di Hotel Mandarin Oriental Jakarta pada Kamis (11/5).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...