Pertamina Tetap Gandeng Rosneft di Kilang Tuban meski Ada Sanksi Eropa

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Agustus 2023, 18:08
Pertamina
Katadata
Penandatanganan kerja sama PT Pertamina dan Rosneft dalam pembangunan proyek Kilang Tuban

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) memastikan tetap menggandeng perusahaan migas asal Rusia, Rosneft, untuk membangun kilang New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban, Jawa Timur.

Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman mengatakan proyek kemitraan bersama Rosneft masih berjalan baik di tengah isu pengenaan sanksi Uni Eropa terhadap Rusia atas konflik bersenjata di Ukraina.

“Belum ada mitra lain, masih eksisting sampai sekarang,” kata Taufik di Hotel Ritz Carlton Jakarta pada Senin (14/8).

Realisasi kerja sama proyek ini makin nyata, seiring langkah KPI yang menargetkan penyelesaian Financial Investment Decision (FID) Kilang Tuban paling lambat pada kuartal pertama 2024.

KPI juga sedang menyiapkan proses pra-kualifikasi pelaksanaan pekerjaan pengadaan teknis, pengadaan, dan konstruksi atau Engineering, Procurement, & Construction (EPC) Kilang Tuban dengan menjaring kontraktor potensial. Selain itu, perusahaan masih berupaya untuk menyelesaikan pemilihan penasihat keuangan.

Nantinya, pihak tersebut diminta untuk membuat pemodelan keuangan yang sejalan dengan kebutuhan proyek strategis nasional (PSN) itu. “Kami terus membahas soal kemitraan strategis dengan PT Pertamina selaku holding,” ujar Taufik.

Kilang dengan nilai Investasi proyek mencapai US$ 3,8 miliar atau sekitar Rp 54,2 triliun itu dibangun dengan kapasitas pengolahan 300.000 barel per hari yang diperkiraan dapat menghasilkan 30 juta liter BBM per hari untuk jenis gasoline dan diesel.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...