Asumsi Lifting Migas RAPBN 2024 Turun di Tengah Peningkatan Investasi

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Agustus 2023, 19:22
Ilustrasi lifting migas
123RF.com/sergeiminsk
Ilustrasi lifting migas

Asosiasi Perusahaan Migas Nasional (Aspermigas) menilai asumsi lifting migas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara alias RAPBN 2024 menggambarkan kondisi sektor hulu migas saat ini. Penurunan asumsi tersebut terjadi di tengah kenaikan investasi sektor hulu migas tahun ini.

Aspermigas menganggap asumsi lifting migas yang cenderung turun dari tahun sebelumnya dapat dipahami seiring langkah pemerintah yang tengah berupaya untuk menekan laju penurunan secara alamiah alias decline.

RAPBN 2024 mencatat asumsi lifting atau minyak terangkut yang berada di 625.000 barel per hari (bopd). Angka tersebut susut 5,3% dari asumsi RAPBN tahun sebelumnya sebesar 660.000 bopd.

Sementara asumsi salur gas sebesar 1,03 juta barel setara minyak per hari (mboepd), lebih rendah 2% dari asumsi RAPBN tahun sebelumnya yang berada di 1,05 mboepd. "Kami terus terang cukup prihatin ya karena target seharusnya naik, bukan malah turun," kata Moshe saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Jumat (18/8).

Moshe mengatakan kondisi lapangan minyak dalam negeri sudah masuk dalam tahap mature, sehingga membutuhkan investasi tambahan untuk pengeboran minyak pada lapisan lebih dalam.

Investasi Naik

Dia juga menyotori tren dunia yang juga menunjukan penurunan produksi migas meski ada peningkatan investasi pada sektor hulu. Peningkatan investasi mayoritas tidak dibarengi dengan peningkatan produksi migas.

SKK Migas mencatat realisasi investasi sektor hulu migas pada Semester I tahun ini sebesar US$ 5,7 miliar, lebih tinggi dari capaian semester I 2022 sebesar US$ 4,7 miliar. Adapun target investasi sepanjang tahun ini adalah US$ 15,5 miliar atau lebih tinggi 28% dari realisasi tahun 2022.

Otoritas hulu migas itu juga melaporkan realisasi pengeboran sumur pengembangan periode Januari hingga Juni 2023 mencapai 354 sumur atau 35,7% dari target tahunan. Adapun proyeksi pengeboran hingga akhir tahun hanya mencapai 864 sumur karena keterbatasan rig dan tenaga kerja.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...