Pertamina Setop Jual Pertalite Tahun Depan, Diganti Pertamax Green 92

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Agustus 2023, 16:08
Pertamina
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Pengendara melintas di dekat papan informasi harga bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/9/2022).

PT Pertamina (Persero) berencana menghapus peredaran bahan bakar minyak (BBM) Pertalite mulai tahun depan. Hilangnya BBM beroktan 90 itu akan digantikan oleh BBM anyar bernama Pertamax Green 92 hasil campuran Pertalite dengan kandungan 7% bioetanol alias E7.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina hanya akan merilis tiga BBM jenis bensin atau gasoline pada 2024. Tiga BBM yang dimaksud ialah Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 hasil campuran Pertamax beroktan 92 dengan kandungan 8% bioetanol dan Pertamax Turbo.

“Jadi tahun depan hanya akan ada tiga produk gasoline. Ada dua green gasoline yang akan menjadi produk Pertamina,” kata Nicke dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Rabu (30/8).

Melalui usulan penghapusan Pertalite tersebut, Pertamina juga berencana mengalihkan sasaran BBM bersubsidi kepada jenis bensin beroktan 92. Nicke menamakan rencana tersebut ke dalam program ‘Langit Biru Tahap Dua’.

“Rencananya di mana BBM subsidi kami naikkan dari RON 90 ke RON 92,” ujar Nicke. Ini juga dalam rangka memberikan produk berkualitas terbaik kepada masyarakat. 

Sebelumnya, Pertamina pernah menjalankan Program Langit Biru dengan menaikkan jenis BBM yang disubsidi dari RON 88 ke RON 90.  Kini, Pertamina menjalankan Program Langit Biru Tahap II, dengan menaikkan BBM Subsidi dari RON 90 ke RON 92.

Nicke menjelaskan, program lanjutan tersebut merupakan upaya Pertamina mendukung Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O.

Regulasi tersebut mengamanatkan kendaraan yang diproduksi sejak Oktober 2018 tidak boleh lagi menggunakan bensin dengan nilai oktan di bawah 91.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...