Pertamina Sebut Progres Pengembangan Kilang Balikpapan Capai 82%

Muhamad Fajar Riyandanu
27 September 2023, 22:00
Kilang Pertamina
Dok. Pertamina
Ilustrasi, kilang Pertamina Refinery Unit II.

PT Pertamina melaporkan capaian penyelesaian proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balikpapan telah mencapai 82%. Proyek RDMP Balikpapan bakal meningkatkan kapasitas pengolahan minyak kilang Pertamina sebanyak 100 ribu barel per hari, sekaligus dapat menurunkan impor bahan bakar minyak (BBM).

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan proyek RDMP Balikpapan memiliki tingkat kesulitan paling tinggi karena pada saat yang sama kilang eksisting harus terus beroperasi. Menurut Nicke  proyek ini terbagi menjadi dua, yakni untuk menambah kapasitas kilang dan untuk meningkatkan kualitas plus meningkatkan produk dari petrokimia dan Liquified Petroleum Gas (LPG).

“Untuk tambahan kapasitas ini, tentu otomatis akan langsung menurunkan impor BBM sebanyak 100 ribu barel per hari dan ini dampaknya sangat besar terhadap neraca transaksi berjalan Indonesia," kata Nicke seperti dikutip dari keterangan resmi, Rabu (27/9). 

Nicke menambahkan, kualitas produk yang dihasilkan RDMP Balikpapan juga akan ditingkatkan dari standar Euro II menjadi Euro V. Hal ini bertujuan agar lebih ramah lingkungan dan menyesuaikan dengan standar yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Adapun PT Pertamina telah menyiapkan investasi atau belanja modal senilai US$ 1 milar atau sekira Rp 15,2 triliun pada 2023 untuk pengembangan kilang milik perusahaan. Mayoritas dana tersebut akan dialokasikan untuk penyelesaian proyek RDMP Kilang Balikpapan yang ditargetkan bisa menjalani tahap pengujian pada 2024. 

Adapun pendanaan yang diperlukan untuk memperluas kapasitas pengolahan Kilang Balikpapan menjadi 360.000 barel per hari mencapai US$ 7,24 miliar. Di sisi lain, Pertamina telah mendapatkan dukungan kredit pendanaan senilai US$ 3,1 miliar atau setara Rp 46,15 triliun dari Export Credit Agency (ECA) dan beberapa lembaga keuangan komersial untuk penyelesaian proyek RDMP Kilang Balikpapan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...