BPBD DKI Periksa Instalasi Listrik di 10 Wilayah Rawan Kebakaran

Lavinda
Oleh Lavinda
2 Oktober 2023, 15:45
listrik
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Petugas memadamkan api saat kebakaran di Gereja Basilea Christ Cathedral, Tangerang, Banten, Senin (27/4/2020).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI Jakarta bersama instansi terkait menggelar operasi pemeriksaan dan pemantauan instalasi listrik di 10 kelurahan yang sering terjadi kebakaran.

Instansi yang dimaksud antara lain, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan atau Gulkarmat DKI, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI, Satpol PP, Wali Kota Jakarta Barat, serta Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Distribusi atau PLN UID Jakarta Raya.

"BPBD DKI melakukan sejumlah mitigasi untuk meminimalkan kejadian kebakaran yang saat ini cukup marak," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Data Pusdatin BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang dikutip Antara, Senin (2/10).

Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, terdapat lebih dari 500 kejadian kebakaran dari awal tahun hingga September 2023. Dari peristiwa tersebut, 90% disebabkan oleh korsleting listrik.

Untuk itu, lanjut Michael, BPBD DKI sedang memeriksa dan memantau instalasi listrik perumahan di 10 Kelurahan yang paling tinggi terjadi kebakaran.

Ia mengatakan 10 kelurahan yang paling tinggi terjadi kebakaran antara lain: Kelurahan Cengkareng Timur, Kapuk, Sunter Agung, Kalideres, Penjaringan, Pulo Gebang, Pejagalan, Tegal Alur, Pondok Bambu, dan Kelurahan Cilincing.

"Kami melakukan giat operasi pemeriksaan dan pemantauan instalasi listrik di kelurahan yang sering terjadi kebakaran. Pada tahap awal, telah dilakukan di Kelurahan Cengkareng Timur," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...