Tingkatkan Ketahanan Energi, Industri Batu Bara akan Diperkuat

Mela Syaharani
10 Oktober 2023, 20:13
batu bara, ketahanan energi,
sumberglobalenergy.co.id
Kapal pengangkut batu bara PT Sumber Global Energy Tbk

Pemerintah telah menyiapkan peta jalan atau roadmap pengembangan dan pemanfaatan batu bara. Menteri ESDM) Arifin Tasrif mengatakan hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

“(Dan) optimalisasi pemanfaatan batu bara di dalam negeri secara terintegrasi dari hulu ke hilir dengan penerapan Clean Coal Technology,” Arifin dalam keterangan resminya pada acara Indonesia Mining Summit di Bali pada Selasa (10/10).

Selain peta jalan, pemerintah juga memberi prioritas bagi beberapa kebijakan minerba meliputi peningkatan eksplorasi sumberdaya cadangan minerba termasuk potensi logam tanah jarang dan mineral kritis, reklamasi pasca tambang, kepastian berusaha dan kemudahan investasi, peningkatan TKDN, dan peningkatan nilai tambah.

Peningkatan nilai tambah batu bara pengembangan ini dilakukan melalui coal upgrading, coal briquetting, cokes making, coal liquefaction; coal gasification termasuk underground coal gasification, dan coal slurry/coal water mixture.

Menurut Arifin, pemerintah saat ini juga tengah melakukan perbaikan kegiatan bisnis pertambangan minerba yang dilakukan dalam beberapa cara.

Pertama, melalui tata kelola pertambangan nasional antara lain meliputi peningkatan eksplorasi dan dana ketahanan cadangan, pengelolaan minerba yang transparan dan akuntabel, pengaturan tentang surat izin pertambangan batuan (SIPB) dan izin usaha pertambangan (IUP) batuan, serta izin pertambangan rakyat (IPR).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...