Menteri ESDM Bidik BUMN dan Swasta Capai Target Konversi Motor Listrik

Nadya Zahira
20 Oktober 2023, 22:35
ESDM
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nz
Mekanik melepas baterai motor bbm yang dikonversi ke motor listrik di bengkel Bacip Moto Shop di Bandung, Jawa Barat, Senin (3/7/2023).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menargetkan sebanyak 50.000 motor konvensional terkonversi menjadi motor listrik pada tahun ini. Caranya, dengan terus mendorong pelaksanaan program insentif konversi motor listrik sebesar Rp 7 juta.

Arifin mengatakan, Kementerian ESDM juga berupaya mengajak korporasi, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga swasta, untuk dapat mengonversikan motor dinas milik perusahaannya. 

“Kami sedang coba dari pintu ke pintu, ke BUMN, kantor-kantor, sudah banyak respons baik dari mereka juga, termasuk ke swasta-swasta," ujar Arifin saat ditemui awak media di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/10).

Tak hanya itu, Arifin berharap dengan mengajak korporasi, setidaknya serapan insentif konversi motor listrik bisa mencapai target yang telah ditetapkan. 

Dia juga menyebut tahun depan target konversi motor listrik akan ditingkatkan. Kendaraan yang menjadi bidikan Kementerian ESDM untuk dikonversi adalah sepeda motor dengan usia lebih dari 10 tahun.

“Untuk alokasi tahun ini kami kan targetkan 50.000 unit. Harapannya tahun depan depan juga akan ditingkatkan targetnya. Kami incar motor konvensional yang sudah berumur 10 tahun ke atas,“ ujarnya. 

Seiring dengan hal tersebut, dia menuturkan pihaknya juga tengah membina bengkel-bengkel konversi motor listrik yang telah tersertifikasi agar memiliki kualifikasi yang jelas,

“Kami juga akan bina bengkel supaya punya kualifikasi selain juga masalah perizinan, supaya memang mekanismenya bisa dipercepat," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian ESDM mengusulkan untuk menaikkan subsidi motor listrik untuk konversi dari sebelumnya Rp 7 juta per unit menjadi Rp 10 juta. Hal ini untuk meningkatkan minat masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan bebas emisi roda dua.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...