Harga Minyak Naik Lebih 1% usai OPEC Luncurkan Laporan Soal Permintaan

Sorta Tobing
14 November 2023, 08:07
harga minyak, brent, wti
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ilustrasi penambangan minyak dan gas bumi.

Harga minyak mentah dunia naik lebih dari 1% pada perdagangan semalam, Senin (13/11). Hal ini terjadi usai organisasi negara-negara pengekspor minyak atau OPEC mengeluarkan laporan dan menghilangkan kekhawatiran pasar terkait melemahnya permintaan. 

Minyak mentah berjangka Brent, melansir dari Reuters, naik US$ 1,09 atau 1,3% menjadi US$ 82,52 per barel. Lalu, West Texas Intermediate (WTI) juga naik US$ 1,09 atau 1,4% menjadi US$ 78,26 per barel. 

Dalam laporannya, negara-negara pengekspor minyak OPEC mengatakan fundamental pasar minyak tetap kuat dan menyalahkan para spekulan atas penurunan harga yang terjadi beberapa pekan terakhir. Organisasi itu sedikit meningkatkan perkiraan pertumbuhan peermintaan minyak global pada 2023 dan tetap pada prediksi relatif tinggi untuk 2024.  

"Laporan pasar minyak bulanan OPEC tampaknya melawan kekhawatiran permintaan, merujuk pada sentimen negatif pada permintaan Cina," kata analis pasar di OANDA, Craig Erlam.

Kenaikan harga minyak juga dipicu laporan Departemen Keuangan Amerika Serikat yang mencurigai ekspor ilegal minyak Rusia. Sumber Reuters menyebut, Departemen Keuangan mencurigai 100 kapal yang diduga melanggar sanksi negara-negara Barat terhadap minyak Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...