ESDM Telah Kantongi Data 333 Ribu Calon Penerima Rice Cooker Gratis

Mela Syaharani
15 November 2023, 17:39
rice cooker gratis, rice cooker, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.
Pekerja menata alat masak nasi listrik atau rice cooker yang dijual di salah satu tokoh di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (12/10/2023).

Pemerintah akan membagikan 500 ribu unit rice cooker gratis yang ditargetkan rampung didistribusikan ke seluruh Indonesia hingga akhir Desember 2023. Hingga 14 November 2023, Kementerian ESDM telah mengantongi data 333 ribu calon penerima.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu mengatakan program pembagian alat masak listrik (AML) masih dalam proses. Dia menyebut pada minggu ini akan diadakan penetapan calon penerima program rice cooker gratis.

“Itu kita harapkan Minggu ini sudah, dan setelah itu nanti akan ada pengadaan, baru nanti pengiriman,” kata Jisman saat ditemui di Gedung DPR RI selepas Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII pada Rabu (15/11).

Jisman menyampaikan penyaluran rice cooker dari pemerintah kepada masyarakat penerima akan dilakukan pada bulan Desember mendatang. “Ini masih lagi divalidasi dan verifikasi di lapangan. Supaya begitu nanti beres, sudah ada by name by address, dan sudah langsung bisa dikirimkan,” kata dia.

Dia menjelaskan pada program ini tidak menggunakan sistem lelang untuk jenis produk rice cooker yang dibagikan melainkan memakai patokan e-katalog oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hingga saat ini Jisman mengungkap belum ada perusahaan yang ditetapkan sebagai penyedia rice cooker. “Belum ada. Tapi data penerima dari desa itu sudah ada, calon penerima,” ujarnya sembari menambahkan bahwa 500 ribu unit rice cooker ini rencananya akan disalurkan pada Desember.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...