Pemerintah Alirkan Perdana Gas Pipa Cisem Tahap I ke Kendal dan Batang

Mela Syaharani
17 November 2023, 13:29
gas, pipa gas, cisem, proyek cisem
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/tom.
Pekerja mengecek pemasangan pipa gas usai kunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di Stasiun ESDM Batang KITB, Batang, Jawa Tengah, Rabu (7/6/2023).

Kementerian ESDM mengumumkan pengaliran gas bumi melalui pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang Tahap 1 (Cisem-1) ke Kawasan Industri Kendal direncanakan akan dilakukan Jumat (17/11). Pengaliran ini disaksikan oleh Direktur Jenderal Migas beserta stakeholders terkait.

Proyek Cisem Tahap 1 memiliki panjang 60 kilometer (Km) dengan diameter pipa 20 inci. Melalui pengaliran gas di Pipa Cisem-1, maka industri-industri di Kawasan Industri Kendal ini dapat menikmati penurunan harga gas.

“Pengaliran hari ini sebagai permulaan akan dilakukan ke lima industri,” tulis Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam siaran pers pada Jumat (17/11).

Setelah pengaliran gas di Kendal, gas dari Pipa Cisem-1 juga akan mengalir ke Kawasan Industri Terpadu Batang setelah diselesaikannya pembangunan Offtake Station Batang pada akhir November 2023 yang juga melalui pembiayaan APBN.

Kementerian mencatat, potensi industri di wilayah Kendal dan Batang dapat mencapai sekitar 40 industri. “Dengan proyeksi kebutuhan gas tahap awal sekitar 30 mmscfd (5 tahun pertama), dan dapat meningkat lebih dari 58 mmscfd,” tulis Agus.

Kementerian menyampaikan, pembangunan pipa transmisi gas bumi Cisem merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan meningkatkan akses gas bumi untuk pembangunan nasional. Proyek ini merupakan terobosan pertama untuk pipa transmisi gas bumi dibangun langsung oleh Kementerian ESDM melalui pembiayaan APBN.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...