Ini Alasan Adaro Masih Pakai PLTU Sebagai Sumber Energi Proyek Smelter

Mela Syaharani
28 November 2023, 21:18
adaro, pltu, smelter
Katadata/Ilustrasi: Lambok Hutabarat

Adaro Energy berencana membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) aluminium di Kalimantan Utara. Investor Relations Adaro, Danuta Komar mengatakan pada tahap pertama pembangunan smelter ini akan menggunakan PLTU sebagai sumber energi.

“Karena memenuhi kebutuhan base load itu sangat penting agar smelter dapat beroperasi dengan layak secara ekonomi,” kata Danuta dalam Public Exposes Live 2023 sesi Adaro Energy, Selasa (28/11).

Advertisement

Danuta menyebut, sumber energi listrik dari PLTA disebut hampir mampu dalam menyediakan base load, namun dengan waktu pengembangan dan konstruksi yang membutuhkan waktu cukup lama membuat PLTU akhirnya dipilih.

“Konstruksi saja membutuhkan waktu lebih dari 4 tahun. Oleh karena itu di tahap pertama PLTU merupakan satu-satunya sumber listrik yang layak secara ekonomi,” ujarnya.

Danuta menjelaskan smelter aluminium ini memiliki kapasitas 500 ribu ton dengan tenaga listrik yang dibutuhkan mencapai 1 gigawatt (GW). Dalam proyek ini, PT Adaro minerals Indonesia Tbk memiliki porsi saham 65%. Dia menyebut proyek ini telah mencapai penuntasan pembiayaan atau pada bulan Mei 2023.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement