OPEC Pangkas Lagi Pasokan 2,2 Juta Bph, Harga Minyak Malah Turun 2,5%

Happy Fajrian
3 Desember 2023, 10:21
harga minyak, opec
Arief Kamaludin|KATADATA
Berdasarkan perkiraan, Blok Mahakam masih menyisakan cadangangan 57 juta barel minyak (Million Barel Oil/MMBO), 45 juta barel kondensat, dan 4,9 triliun standar kaki kubik (Triliun Standard Cubic Feet/TSCF).

Harga minyak merosot lebih dari 2% meski kelompok penghasil minyak dunia yang tergabung dalam OPEC sepakat untuk menambah pengurangan pasokan hingga 2,2 juta barel per hari (bph).

Minyak mentah Brent turun US$ 1,98 atau 2,45% menjadi US$ 78,88 per barel, sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 1,89 atau 2,49% menjadi US$ 74,07 per barel.

Advertisement

OPEC dan negara-negara sekutunya termasuk Rusia, atau lebih dikenal dengan OPEC+, sepakat untuk mengurangi sekitar 2,2 juta bph pasokan minyak dari pasar global pada kuartal pertama 2024. Jumlah total tersebut termasuk perpanjangan pemotongan pasokan Arab Saudi dan Rusia 1,3 juta bph.

Analis menilai turunnya harga meski pasokan akan berkurang lebih besar karena para pedagang menyikapi pengumuman tersebut dengan sketptisisme. “ Para pedagang tidak percaya bahwa anggota OPEC akan patuh atau tidak menganggapnya cukup,,” kata analis komoditas OANDA Craig Erlam, seperti dikutip Reuters Minggu (3/12).

OPEC+, yang memproduksi lebih dari 40% minyak dunia, memutuskan untuk mengurangi produksi setelah harga turun dari sekitar US$ 98 per barel pada akhir September di tengah kekhawatiran mengenai dampak lesunya pertumbuhan ekonomi terhadap permintaan bahan bakar.

“Pemangkasan tersebut tidak akan menghentikan kebingungan yang memerlukan waktu berminggu-minggu dan berbulan-bulan bagi pasar minyak untuk mengetahuinya, dan hanya jika data yang dilaporkan sendiri memang dapat diandalkan,” kata analis energi dari PVM, John Evans.

Pemotongan yang disepakati oleh OPEC+ bersifat sukarela, sehingga tidak ada revisi kolektif terhadap target produksi OPEC+. Sifat sukarela dari pemotongan tersebut menimbulkan keraguan mengenai apakah produsen akan menerapkannya sepenuhnya atau tidak, dan juga atas dasar apa pemotongan tersebut akan diukur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement