Langkah OPEC Pangkas Pasokan Gagal Kerek Harga Minyak yang Terus Turun

Happy Fajrian
4 Desember 2023, 13:54
harga minyak, opec
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan peninjauan pompa angguk di lokasi Sumur Bor Lapangan Duri, Riau (30/12/2022).

Langkah OPEC+ yang memutuskan untuk memperdalam pemangkasan pasokan minyak ke pasar global sejauh ini belum menunjukkan hasil yang diharapkan untuk mengerek harga minyak.

Harga minyak melanjutkan tren koreksinya meski sempat naik pada Senin (4/12) pagi di tengah tekanan yang terus menerus dari keputusan OPEC+ untuk memangkas pasokan dan ketidakpastian atas pertumbuhan permintaan bahan bakar global.

Advertisement

Risiko gangguan pasokan akibat konflik Timur Tengah sedikit membatasi koreksi harga minyak hari ini. Minyak mentah Brent turun 0,6% menjadi US$ 78,39 per barel, sedangkan minyak West Texas Intermediate turun 0,6% menjadi US$ 73,65 per barel.

“Minyak mentah nampaknya terus berada di bawah tekanan akibat keputusan OPEC+. Pengecualian terhadap pengurangan produksi OPEC+ pada tingkat tertentu memang bisa dibenarkan, namun hingga saat ini, industri mengabaikannya,” kata analis pasar minyak dari Vanda Insight, Vandana Hari seperti dikutip Reuters.

Harga minyak merosot hingga 2,5% pada minggu lalu di tengah skeptisisme investor terhadap besarnya pengurangan pasokan yang dilakukan oleh OPEC dan sekutunya termasuk Rusia, yang bersama-sama disebut OPEC+, dan kekhawatiran terhadap lesunya aktivitas manufaktur global.

Pemotongan produksi OPEC+ yang diumumkan pada hari Kamis bersifat sukarela, sehingga menimbulkan keraguan apakah produsen akan menerapkannya sepenuhnya atau tidak. Investor juga tidak yakin mengenai bagaimana pemotongan tersebut akan diukur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement