Kebijakan OPEC Picu Ketidakpastian, Harga Minyak Jatuh Lebih dari 1%

Happy Fajrian
5 Desember 2023, 06:53
harga minyak, opec
Pertamina Hulu Energi

Harga minyak jatuh pada Senin (4/12) di tengah kekhawatiran jatuhnya permintaan dan kelanjutan ketidakpastian terkait kedalaman dan durasi pengurangan pasokan OPEC+.

Harga Brent turun 85 sen atau 1,08% menjadi US$ 78,03 per barel sedangkan West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 1,03 atau 1,39% menjadi US$ 73,04 per barel.

Kejatuhan harga minyak di awal pekan ini menambah dalam koreksi harga lebih dari 2% sepanjang pekan lalu setelah pengurangan pasokan diumumkan pada Kamis (30/11) oleh kartel minyak global OPEC dan para sekutunya termasuk Rusia, atau lebih dikenal OPEC+.

“Pasar telah memutuskan (rencana produksi OPEC+) tidak akan berdampak besar. Ini lebih bersifat gaya daripada substansi,” kata analis pasar minyak Lipow Oil Associates, Andrew Lipow, seperti dikutip Reuters, Selasa (5/12).

Sebelumnya Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan bahwa ia memperkirakan OPEC dan sekutunya akan melakukan pengurangan produksi minyak mentah sebesar 2,2 juta yang diumumkan pekan lalu.

“Sejujurnya saya yakin pengiriman 2.2 akan terjadi,” kata Bin Salman. “Sejujurnya saya yakin hal ini akan terus terjadi (dan) 2 juta unit akan mengatasi penumpukan persediaan dalam jumlah besar yang biasanya terjadi pada kuartal pertama.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...