Harga Minyak Lanjutkan Kenaikan Didorong Kebijakan Amerika Serikat

Happy Fajrian
11 Desember 2023, 17:32
harga minyak
Katadata / Trion Julianto
Kunjungan SKK Migas ke Tempat Pemisahan Minyak CGS PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau (31/12/2022).

Harga minyak melanjutkan kenaikannya pada Senin (11/12), setelah kejatuhannya sepanjang pekan lalu yang dipicu kekhawatiran pelemahan permintaan global di tengah melimpahnya pasokan.

Kenaikan harga hari ini didorong langkah Amerika Serikat (AS) yang mengisi kembali cadangan minyak strategsinya dan melakukan pembelian sebanyak 3 juta barel, meskipun ada kekhawatiran kelebihan pasokan dan pertumbuhan permintaan bahan bakar yang lebih lemah pada tahun depan.

Advertisement

Minyak mentah berjangka Brent naik ke level US$ 75,86 per barel. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) Amerika naik ke level US$ 71,22 per barel. Kedua harga minyak acuan dunia ini naik lebih dari 2% pada akhir pekan lalu.

Pelemahan harga baru-baru ini menarik permintaan dari Amerika Serikat, yang telah mencari hingga 3 juta barel minyak mentah untuk Cadangan Minyak Strategis (SPR) pada bulan Maret 2024.

“Kami tahu Pemerintahan Biden sedang mencari cara untuk mengisi ulang SPR, yang akan memberikan dukungan,” kata analis IG Tony Sycamore dalam sebuah catatan seperti dikutip Reuters.

Meskipun OPEC dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, telah berjanji untuk memangkas produksi sebesar 2,2 juta barel per hari (bph) pada kuartal pertama 2024, investor tetap skeptis terhadap kepatuhannegara-negara anggota kartel minyak global tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement