Jokowi Resmikan Proyek Perluasan Smelter Tembaga PT Smelting di Gresik

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Desember 2023, 17:11
Jokowi meresmikan operasional proyek ekspansi atau penambahan kapasitas smelter tembaga milik PT Smelting di Gresik, Jawa Timur pada Kamis (14/12).
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Ilustrasi progres smelter.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan operasional proyek ekspansi atau penambahan kapasitas smelter tembaga milik PT Smelting di Gresik, Jawa Timur pada Kamis (14/12).

Lewat proyek perluasan tersebut, smelter tembaga PT Smelting sanggup menambah kapasitas peleburan konsentrat tembaga hingga 300 ribu ton menjadi 1,3 juta ton per tahun. Jokowi memperkirakan proyek tersebut dapat mengerek capaian produk hilirisasi tembaga berupa produk setengah jadi seperti anoda dan katoda tembaga.

Selain itu, peningkatan kapasitas peleburan konsentrat tembaga itu juga diharap dapat meningkatkan pertumbuhan industri baru yang berorientasi penciptaan produk hilir tembaga.

"Akan muncul industri baru seperti yang sudah dan juga dalam proses pembangunan untuk copper foil," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam peresmian ekspansi PT Smelting, disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (14/12).

Seremoni tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama Freeport McMoran sekaligus Komisaris Utama PT Freeport Indonesia (PTFI) Richard Adkerson. Selain itu, Direktur Utama PT Smelting Hideya Sato, Direktur Utama Mitsubishi Materials Corporation Naoki ono dan Direktur Utama PTFI Tony Wenas turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Adapun PT Smelting dimiliki bersama oleh Mitsubishi Materials Corporation Jepang dan BUMN PT Freeport Indonesia. Pabrik pengolahan konsentrat tembaga ini mulai beroperasi sejak 2010.

"Ini menunjukkan komitmen PT Freeport Indonesia yang bekerja sama dengan Mitsubishi untuk menghilirkan, membangun hilirisasi dengan ekspansi sehingga nilai tambah itu ada di Indonesia," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...