PGN Perpanjang Kontrak Jual Beli Gas Blok Corridor hingga 2028

Mela Syaharani
19 Desember 2023, 16:57
pgn, medco, blok corridor, jual beli gas,
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/rwa.
Petugas berjalan di areal stasiun gas R/S sektor 01 (Balkondes) saat perawatan rutin di Desa Wisata Berkelanjutan Karangrejo, Borobudur, Magelang , Jawa Tengah, Rabu (2/11/2022).

PT Pertamina Gas Negara (PGN) menandatangani perjanjian jual-beli gas (PJBG) dari Blok Corridor, Sumatera Selatan pada hari ini, Selasa (19/12). Perjanjian ini dilakukan PGN bersama Medco E&P Grissik selaku operator Blok Corridor.

Kontrak ini merupakan perpanjangan dari perjanjian sebelumnya yang telah berlangsung sejak 20 tahun lalu yang tercatat berakhir pada 30 September 2023. Direktur Utama PGN Arif Setiawan Handoko mengatakan PJBG ini ditandatangani untuk durasi lima tahun ke depan.

“Ini merupakan bukti komitmen pemerintah, KKKS dan PGN dalam melayani industri dan ritel terutama para pemakai gas bumi yang berada di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa Bagian Barat dan Kepulauan Riau," kata Arif dalam siaran pers.

Pada kesepakatan baru ini, PGN akan mengantongi gas dari Blok Corridor sebanyak 410 billion british thermal unit per day (BBTUD) sejak Desember 2023. Kendati demikian, besaran volume yang dialirkan pada waktu berikutnya akan mengikuti kemampuan produksi Blok Corridor.

"Penandatanganan perjanjian ini juga menjadi bukti nyata semua pihak dalam mendorong gas bumi sebagai energi transisi tidak hanya sebatas komitmen, namun sampai titik pemanfaatan di hilir,” kata Arif.

Dia menyebut, pemanfaatan gas bumi sebagai energi fosil ramah lingkungan penting menjadi jembatan menuju komitmen Net Zero Emission 2060.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...