Pasokan Blok Corridor Menipis, PGN Ajukan Tambahan Alokasi Gas

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Juli 2023, 04:20
Pasokan Blok Corridor Menipis, PGN Ajukan Tambahan Alokasi Gas
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menyampaikan permohonan tambahan alokasi gas kepada SKK Migas untuk menutupi kekurangan suplai dari Blok Corridor yang kian menipis. Tambahan porsi gas itu diharap mampu menjaga stabilitas penyaluran gas pipa ke pelanggan industri.

Permintaan tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama PGN Arief Setiawan Handoko kepada Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas Kurnia Chairi saat pagelaran Indonesia Petroleum Association Convention and Exhibition 2023 di ICE BSD Tangerang, Rabu (26/7).

"Meski saat ini PGN tidak dapat alokasi dari SKK Migas, tentu sekarang kami berharap bisa mendapatkan alokasi untuk mempertahankan ketersediaan suplai ke pelanggan," kata Arief.

PGN mengalami defisit alokasi gas dari Blok Corridor milik Medco sejumlah delapan hingga sembilan kargo per tahun. Guna menutupi kekurangan gas itu, PGN berinisiatif untuk mencampur gas dari pipa dengan gas alam cair (LNG) di floating storage & regasification unit Lampung.

PGN berharap mendapatkan alokasi LNG dengan harga ekonomis, seperti yang didapatkan oleh PLN. “Kami meminta LNG murah seperti PLN, semoga bisa sama," ujar Arief.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...