Dirut Pertamina Beberkan Tiga Tantangan Sektor Energi RI, Apa Saja?

Ameidyo Daud Nasution
19 Desember 2023, 22:36
pertamina, energi, nicke widyawati
Pertamina
Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dalam Pertamina Energy Forum 2023 di Jakarta, Senin (18/12). Foto: Pertamina

Direktur Utama PT Pertamina menyoroti Nicke Widyawati menyoroti tiga tantangan utama energi yang harus dihadapi Indonesia. Ketiga masalah tersebut adalah ketahanan energi, keterjangkauan biaya energi, serta keberlanjutan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Nicke dalam Pertamina Energy Forum 2023 di Jakarta, Senin (18/12). Ia mengatakan perlu kolaborasi di tingkat nasional maupun global untuk menghadapi tiga tantangan tersebut.

Nicke menjelaskan semua negara memiliki target yang sama untuk mencari net zero emission yakni 2050 atau 2060. Namun, hal tersebut masih tergantung situasi masing-masing negara.

“Ada optimisme, ada kegamangan, ada kekhawatiran. Namun tidak menyurutkan langkah kita melaksanakan transisi energi seperti disepakati bersama,” kata Nicke dalam keterangan tertulis, Selasa (19/12).

Mengenai keamanan energi, Nicke merujuk laporan Konsil Energi Dunia. Dalam laporan tersebut Indonesia berada pada posisi 53 dunia. Sedangkan rata-rata skor keamanan energi RI berada di skor 55, di atas dunia yakni 66.

Ia menjelaskan konflik geopolitik hingga Covid-19 tak membawa dampak ke Indonesia. “Kita semua masih nyaman, bisa mengakses energi dengan harga terjangkau,” kata Nicke.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...