Pasca-Kebakaran, Pertamina Benahi Aspek Keselamatan Depo BBM Plumpang

Happy Fajrian
29 Desember 2023, 19:43
plumpang, terminal bbm plumpang, depo bbm plumpang, pertamina
Pertamina
Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo didampingi Dirut Pertamina Nicke Widyawati meninjau terminal BBM Plumpang, Jumat (29/12).

Terminal atau Depo BBM Plumpang Pertamina terus berbenah terutama dari aspek keselamatan (safety) untuk dapat memberikan pelayanan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang optimal kepada masyarakat.

Seperti diketahui pada Maret 2023 depo BBM Plumpang mengalami kebakaran besar. Pertamina mengungkapkan awal munculnya api penyebab kebakaran di depo Plumpang berasal dari pipa inlet BBM yang lokasinya berdekatan dengan tembok pembatas permukiman warga.

“Yang kita lakukan adalah pendekatan safety, telah dilakukan pemasangan monitoring pressure dan juga nanti ada automatic untuk pemadaman atau pematian apabila jika terjadi gangguan,” kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo usai meninjau Integrated Terminal Plumpang Pertamina, Jakarta, Jumat (29/12).

Pria yang akrab disapa Tiko ini menyatakan bahwa Terminal Plumpang Pertamina tengah menjalani proses pembenahan bertahap baik dari sisi peremajaan aset, maupun pemantauan dengan sistem digital.

Dia menyampaikan bahwa selama kunjungan kerjanya di Terminal Plumpang, selain memantau pasok BBM dan LPG jelang Tahun Baru 2024, Tiko juga memastikan program pendekatan keamanan dan keselamatan (safety).

Dia juga menyebut bahwa Pertamina Plumpang terus memperbaiki aspek integritas aset mengingat infrastruktur tersebut telah beroperasi dalam waktu yang cukup lama.

“Kita terus melakukan perbaikan dari sisi aset integrity, di mana kita tahu seluruh fasilitas Pertamina ini udah cukup lama sehingga kita melakukan perbaikan dan peremajaan secara bertahap,” kata Tiko.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...