Kapal PIS Lalui Laut Merah Dengan Selamat, Kini Menuju Terusan Suez

Happy Fajrian
2 Februari 2024, 17:22
pis, pertamina, laut merah, mt gamsunoro
Pertamina
Kapal MT Gamsunoro milik Pertamina International Shipping.
Button AI Summarize

Konflik yang terjadi di Laut Merah yang merupakan salah satu jalur perdagangan utama dunia turut dirasakan oleh Pertamina International Shipping (PIS).

Namun dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak, kapal MT Gamsunoro milik PIS berhasil melalui kawasan konflik tersebut dengan selamat dan kini akan melanjutkan pelayaran menuju Terusan Suez.

“Saat ini kapal sudah kembali berlayar menuju Terusan Suez untuk selanjutnya ke perairan Amerika. Alhamdulillah seluruh kru dan kondisi kapal dalam keadaan selamat dan aman,” kata Direktur Crude and Petrolium Tanker PIS, Brilian Perdana, dalam siaran pers, dikutip Jumat (2/2).

Brilian menjelaskan kapal MT Gamsunoro yang sempat banyak diberitakan karena lolos untuk berlayar di laut merah adalah kapal milik PIS. Kapal yang dibangun pada tahun 2010 ini dioperasikan untuk mengangkut dan mendistribusikan minyak mentah, berbendera Indonesia, dan juga diawaki oleh kru-kru Indonesia.

“Tim PIS terus melakukan monitoring ketat sejak area laut merah memanas, dan terus memantau perkembangan situasi. Kami juga berkoordinasi erat dengan otoritas terkait di masing-masing wilayah, agar kapal Gamsunoro bisa berlayar dan beroperasi dengan aman dan lancar,” kata dia.

PIS, kata Brilian, intens berkoordinasi dengan Singapore Maritime & Port Authority, Atase Pertahanan Kedutaan Besar UAE, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut - Kementrian Perhubungan Indonesia, dan lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...