Temui Jokowi, Raksasa Migas Italia Bakal Investasi Rp 250 Triliun

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Februari 2024, 20:00
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin TasrifÊmenjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/2/2023). Rapat tersebut membahas optimalisasi pengopera
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin TasrifÊmenjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/2/2023). Rapat tersebut membahas optimalisasi pengoperasian PT Pupuk Iskandar Muda dengan mengamankan pasokan gas untuk industri pabrik pupuk.
Button AI Summarize

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, memboyong jajaran petinggi perusahaan migas asal Italia, ENI, ke hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (2/2).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari langkah ENI yang telah mengakuisisi hak partisipasi Neptune Energy Limited Group di Wilayah Kerja North Ganal di Kalimantan Timur. Langkah ENI untuk mengakuisisi WK North Ganal berawal dari penemuan gas di Sumur Geng North-1 pada Oktober 2023 lalu.

Arifin mengatakan bahwa ENI akan menaruh modal investasi di Indonesia sebesar US$ 16 miliar atau sekira Rp 250 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.626 per dolar AS.

"Ini untuk menambah produksi gas," kata Arifin saat usai pertemuan tersebut.

Berdasarkan data ENI, hak partisipasi Neptune di Indonesia menghasilkan migas sekitar 20.000 barel setara minyak per hari (boed) dari Lapangan Jangkrik dan Merakes. Hasil produksi dua lapangan tersebut dipasok ke kilang LNG Bontang dan pasar domestik.

Adapun produksi migas Eni dari Jangkrik dan Merakes sepanjang 2022 mencapai 62.000 boed. ENI berencana untuk memanfaatkan sumber gas tersebut untuk memperpanjang umur fasilitas produksi lepas pantai Lapangan Jangkrik. Selain itu, ENI juga akan membangun konektivitas WK North Ganal dan Rapak menuju kilang Bontang.

Berdasarkan perkiraan awal, ENI mencatat penemuan sumber daya yang ditemukan atau discovered resources sebesar kurang lebih 609 MMBOE. Ini menjadikan temuan di sumur Geng North – 1 menjadi salah satu dari tiga besar temuan eksplorasi dunia pada 2023.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...