WK Akimeugah I - II Belum Ada Peminat, ESDM: Pengembangannya Menantang

Mela Syaharani
20 Februari 2024, 16:14
wk migas, esdm, cekungan warim, akimeugah,
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas.
Button AI Summarize

Kementerian ESDM membuka peluang bagi semua pihak yang tertarik untuk mengelola wilayah kerja (WK) Akimeugah I dan II di Papua.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan sudah ada sejumlah pihak yang menunjukkan ketertarikannya kepada WK Akimeugah I dan II.

“Akimeugah I dan II itu nanti ditawarkan dengan joint study, sudah ada yang berminat,” kata Tutuka saat ditemui di Kantor Lemigas, Jakarta, pada Selasa (20/2). “Kami terbuka siapapun boleh, siapa saja yang bersedia.”

Dia menjelaskan bahwa pengelolaan WK ini memiliki tantangan yang berbeda, salah satunya dari infrastruktur yang belum terbangun. “Jadi harus berani mengeluarkan biaya yang lebih, nah ada yang berani gak? Kalau berani oke kami terbuka saja,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebagian wilayah WK Akimeugah I dan II masuk ke dalam Taman Nasional Lorentz yang merupakan kawasan konservasi. WK migas yang berlokasi di Papua itu dahulu bernama Cekungan Warim, namun kini telah berganti nama menjadi Blok Akimeugah I dan II.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...